Berikut Ulasan Singkat Quraish Shihab ihwal Puasa Ramadan

Fredy WansyahFredy Wansyah - Selasa, 16 Juni 2015
Berikut Ulasan Singkat Quraish Shihab ihwal Puasa Ramadan
Quraish Shihab (Foto: Twitter @quraishshihab)

MerahPutih Nasional - Berpuasa bagi umat Islam di bulan Ramadan merupakan kewajiban. Namun, tidak seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa tanpa alasan tertentu. Artinya, puasa hanya diwajibkan dengan syarat tertentu.

Lantas, bagaimanakah pandangan Quraish Shihab ihwal puasa Ramadan bagi umat Islam? Ahli tafsir ini menjelaskan, puasa telah diwajibkan bagi umat-umat sebelum Islam atau yang lalu.

"Ayat di atas (Surah al-Baqarah ayat 183) menyebut kewajiban berpuasa tanpa menyebut siapa yg mewajibkannya," tulis mantan Menteri Agama ini melalui akun twitternya, @quraishshihab, dikutip Merahputih.com pada Selasa (16/6).

"Ini utk mengisyaratkan bhw seandainya bukan Allah swt. yg mewajibkannya, manusia sendiri akan melaksanakannya stlh tahu besar manfaatnya," imbuhnya.

Ayah presenter Najwa Shihab ini menjelaskan ada banyak manfaat bagi mereka yang berpuasa. Alquran mengajarkan berpuasa, menurutnya, agar meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.

"Puasa yang diajarkan al-Qur'an dpt membuahkan kesucian jiwa, keikhlasan & ketulusan, serta pengawasan diri dan ketakwaan kpd Allah swt," tulisnya. (fre)

Baca Juga:

Sekolah di London Larang Murid Berpuasa karena Cuaca Panas

Din Syamsuddin: Warung Makan Boleh Beroperasi Siang Selama Puasa

Buka Puasa Istimewa dengan Ayam Tangkap

#Quraish Shihab #Ibadah Puasa #Bulan Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

Fredy Wansyah

Bagikan