Berikut Kronologis Penyerangan di Kantor Kemendagri Kondisi kantor Kemendagri usai diserang Barisan Merah Putih Tolikara, Papua, Rabu (11/10). (Ist)

MerahPutih.com - Sekelompok orang yang mengaku sebagai Barisan Merah Putih Tolikara, Papua, melakukan pengrusakan beberapa fasilitas di kantor Kementerian Dalam Negeri, Rabu (11/10).

Kerusuhan berawal ketika massa tengah melakukan unjuk rasa sejak Rabu pagi, yang tak juga ditanggapi oleh pihak Kemendagri. Tuntutan mereka agar Mendagri Tjahjo Kumolo mengesahkan John Tabo-Barnabas Weya menjadi Bupati Tolikara, Papua.

Pada Rabu sore, sekira pukul 15.00 WIB, pihak Kemendagri yang diwakili Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum dan Dirjen Otonomi Daerah ingin menemui massa. Namun, diselimuti rasa kesal karena menunggu, massa menolak.

Mereka malah meminta untuk langsung bertemu dengan Tjahjo Kumolo. Namun sayang, pada saat itu Tjahjo tidak berada di kantor.

Di waktu yang sama, sejumlah orang dari pendemo justru memprovokasi massa lain untuk masuk ke dalam gedung. "Puluhan orang tersebut sempat melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung, hingga akhirnya merangsek masuk dan merusak properti kantor Kemendagri," kata Dirjen Otda Sumarsono.

Mengetahui ada kerusuhan di depan gedung, para pegawai Kemendagri yang baru usai menjalankan salat asar pun segera melakukan pembelaan diri.

Massa dari Barisan Merah Putih Tolikara berhasil dipukul mundur. Sambil menahan serangan dari pendemo, berupa lemparan batu, para pegawai terus memaksa massa keluar area Kemendagri.

Akibat aksi brutal massa yang mengaku sebagai pendukung salah satu calon bupati Kabupaten Tolikara itu, diketahui ada sedikitnya 6 orang terluka. Adapun korban-korban itu adalah Komandan Pamdal, seorang OB, dan 4 orang pegawai Kemendagri.

Sekira pukul 15.40 WIB, keenam korban berhasil dibawa ke RSPAD Gatot Subroto. Pada pukul 18.38 WIB, suasana di kantor Kementerian Dalam Negeri pun kembali aman. Bahkan sebagian massa yang diduga sebagai pelaku pengrusakan telah dimankan Polda Metro Jaya. (*)

Baca berita terkait aksi penyerangan kantor Kemendagri lain di: Usai Penyerangan Kemendagri, Tiga Orang Luka Parah


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH