Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Asia, dari Gurun hingga Kota Tua Wisatawan menikmati suasana Gurun Gobi di Mongolia. (Foto: instagram@xxxsura)

ASIA merupakan benua yang tak boleh diremehkan sebagai kawasan wisata dunia. Para pelancong Eropa dan Amerika banyak mengunjungi berbagai negara Asia untuk melihat keeksotisan baik masyarakatnya, budaya, alam, hingga sejarahnya yang luar biasa.

Terutama sebagai destinasi wisata religius, Asia adalah tempatnya. Agama-agama dunia lahir di Asia dengan peninggalan-peninggalan yang masih bisa kunjungi hingga saaat ini.

Ada 50 negara Asia siap dijelajahi. Bagi kamu yang pengin berpetualang, laman iStyle menyajikan destinasi wisata anti-mainstream di Asia.

1. Gurun Gobi, Mongolia

Gurun Gobi, Mongolia. (Foto: instagram.com/saicisco)
Gurun Gobi, Mongolia. (Foto: instagram@saicisco)

Kalau gunung dan pantai terlalu mainstream, kamu bisa menjelajahi gurun. Di Asia tepatnya di negara Mongolia terbentang Gurun Gobi yang luas. Berbagai pengalaman unik bisa dinikmati saat menjelajah gurun ini. Mulai dari hiking di taman nasional, bercengkrama dengan penduduk lokal yang ramah ataupun camping di tengah gurun sambil menikmati gugusan bintang di langit.


2. Kathmandu Valey, Nepal

Durbar Square di Kathmandu. (Foto: instagram.com/adriogmar)
Durbar Square di Kathmandu. (Foto: instagram@adriogmar)

Naik gunung bukan pilihan, kamu masih bisa menikmati Nepal di sisi lain. Kunjungi Kathmandu, ibu kota sekaligus pusat spiritual dan budaya negara ini. Di Kathmandu juga terdapat Durbar Square, sebuah istana bersejarah sekaligus kuil yang masuk dalam situs warisan dunia. Rasakan pengalaman menjelajah kota kuno yang tak terlupakan di Kathmandu.

3. Bagan, Myanmar

Bagan dengan bangungan kuil Budha bisa dilihat dari ketinggian. (Foto: instagram.com/travel6degrees)
Bagan dengan bangungan kuil Budha bisa dilihat dari ketinggian. (Foto: instagram@travel6degrees)

Selain di Turki, kita bisa menikmati pengalaman naik balon udara di Myanmar. Tepatnya di daerah Bagan, tempat ribuan kuil Budha dengan arsitektur yang sangat indah. Menikmati deretan stupa di Bagan dari ketinggian seribu kaki jadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.


4. Ha Long Bay, Vietnam

Ha Long Bay dilihat dari udara. (Foto: instagram.com/perladawnsails)
Ha Long Bay dilihat dari udara. (Foto: instagram@perladawnsails)

Salah satu The New 7 Wonders of Nature ini wajib masuk dalam daftar perjalanan kamu. Ha Long Bay terdiri dari ribuan pulau kecil yang sebagian besar berbentuk batu kapur. Evolusi karst di teluk ini memakan waktu 20 juta tahun dampak dari iklim basah tropis. Karena arus di teluk yang tak begitu besar, kita juga bisa bermain kayak sambil menikmati pesona Ha Long Bay.


5. Tbilisi, Georgia

Sebuah gereja di Kota Tbilisi. (Foto: instagram.com/tbilisi__gram)
Sebuah gereja di Kota Tbilisi. (Foto: instagram@tbilisi__gram)

Sebagai salah satu negara Kristen tertua di dunia, Georgia menawarkan suasana berbeda di daratan Asia Barat. Suasana Georgia didominasi dengan arsitektur gereja kuno Eropa dengan peninggalan sejarah Uni Soviet yang masih kental. Kota Tbilisi juga dikelilingi Benteng Narikala yang sudah ada sejak abad ke-4. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Primadona Pelancong Dunia, Ini Lima Taman Nasional Terkenal dengan Hewan Langkanya

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH