Berikut Hajatan Olahraga Terbesar Se-Asia, Beberapa Pernah Dihelat Indonesia Hajatan olahraga terbesar dan paling ditunggu di Asia. (Foto: Unsplash/Stefan Lehner)

PANDEMI semakin mereda sehingga pengambil kebijakan di pelbagai negara mulai memberi 'lampu hijau' menggelar berbagai hajatan olahraga berskala internasional. Beberapa hajatan olahraga tersebut digelar dengan berbagai jenis cabang olahraga, dan beberapa lainnya merupakan hajatan khusus satu jenis olahraga.

Gelaran tersebut terasa menjadi oase bagi penggemar olahraga di Asia bahkan dunia karena dua tahun terakhir jika ada gelaran lumrahnya digelar tanpa penonton atau bahkan sempat berkali-kali tertunda karena pandemi.

Demi melepas rindu karena dua terakhir sempat tertunda karena pandemi, maka merahputih.com rangkum sekaligus mengingat kembali ajang olahraga paling bergengsi se-Asia.

Baca juga:

Atlet Indonesia Terbanyak di Asian Games 2018, Paling Sedikit Brunei

Asian Games

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. (Foto: Side.id/Gregory Bionde)

Asian Games menjadi gelaran olahraga terbesar diikuti negara-negara Asia. Gelaran empat tahun sekali tersebut terakhir digelar di Indonesia pada 2018 lalu, atau sebelum pandmei.

Gelaran Asian Games selanjutnya akan digelar di Huangzhou, Tiongkok, pada September 2022 mendatang.

Cabang olahraga dipertandingkan cukup beragam, mulai dari bulu tangkis, sepak bola, bola basket, atletik, renang, gimnastik, taekwondo, karate, futsal, memanah, balap sepeda, pencak silat, esports, dan masih banyak lagi.

Asian Para Games

Asian Para Games 2018. (Foto: ANTARA/Bayu Kuncahyo)

Satu paket dengan Asian Games, Asian Para Games atau pesta olahraga untuk para atlet disabilitas digelar di di Huangzhou, Tiongko namun beberapa minggu hingga bulan setelah gelaran Asian Games usai.

Asian Para Games juga pernah digelar di Indonesia pada 2018 setelah gelaran Asian Games.

Jumlah cabang olahraga dipertandingkan atlet disabilitas tersebut cukup banyak, mulai dari memanah, atletik, bulu tangkis, catur, balap sepeda, sepak bola, judo, angkat beban, renang, tenis meja, bola voli, tenis, anggar, dan lainnya.

Baca juga:

Mengenal Hanoi Sao La, Maskot SEA Games 2021

SEA Games

SEA Games 2022 Vietnam. (Foto: NOC/MP Media/Rizki Fitrianto)

SEA Games merupakan olahraga diadakan setiap dua tahun sekali khusus negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Vietnam, Myanmar, Thailand, Singapura, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

Saat ini, SEA Games tengah digelar dengan Vietnam. Sejatinya SEA Games pada 2022 seharusnya digelar pada 2021 lalu, namun karena situasi pandemi maka hajatannya ditunda paa 2022.

Hingga Sabtu (14/05) pukul 15.30 WIB, pemuncak perolehan medali SEA Games 2022 dipegang tuan rumah Vietnam dengan raihan 30 emas, 18 perak, 26 perunggu, sehingga total keseluruhan 74 medali. Sementara, Kontingen Merah Putih dipimpin Chef de Mission untuk SE Games Vietnam Ferry Kono menempati ranking dua klasemen sementara perolehan medali.

Kontingen Merah Putih menggusur Malaysia nan sebelumnya menempati posisi kedua klasemen sementara dengan raihan 13 medali emas, 15 perak, 3 perunggu atau total 31 medali. Sedangkan, Negeri Jiran di urutan ketiga dengan 13 emas, 5 perak, 15 perunggu atau total 33 medali.

Indonesia Open

Kevin Sanjaya dan Marcus F. Gideon menangi Indonesia Open 2021. (Foto: BWF)

Bagi para pencinta bulu tangkis pasti sudah tidak asing dengan salah satu hajatan turnamen bulu tangkis paling bergengsi di bawah naungan BWF (Badminton World Federation) tersebut. Indonesia Open menjadi salah satu hajatan turnamen bulu tangkis dengan total hadiah terbesar.

Digelar setiap tahun, Indonesia Open merupakan hajatan turnamen bulu tangkis dengan hadiah terbesar kedua setelah BWF World Tour Finals. Melansir laman resmi BWF, Indonesia Open pada 2020 lalu menawarkan total hadiah bagi para atlet pemenang dengan total hingga 1,25 juta dolar AS atau setara dengan Rp18,3 miliar.

MotoGP

Fabio Quartararo dan Jack Miller saat balapan di Sirkuit Mandalika, Indonesia, 2022. (Foto: MotoGP)

Meski hajatan utamanya kebanyakan digelar di Eropa, MotoGP juga memiliki beberapa seri digelar di Asia, terutama Asia Tenggara. Mulai 2022, Indonesia masuk ke dalam kalender MotoGP digelar sebagai seri kedua setelah GP Qatar.

Sementara negara lainnya di Asia turut menjadi tuan rumah hajatan balap motor di dunia tersebut, antara lain Malaysia digelar di Sirkuit Sepang dan Thailand di Sirkuit Chang. Indonesia masih terikat kontrak sebagai tuan rumah MotoGP hingga 2032 mendatang. (waf)

Baca juga:

Selamat Tinggal MotoGP Mandalika 2022, Sampai Jumpa Tahun Depan!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Wajib Baca, 5 Komik Manga Jepang Terbaik Versi MyAnimeList
Fun
Wajib Baca, 5 Komik Manga Jepang Terbaik Versi MyAnimeList

Rekomendasi manga Jepang yang wajib dibaca.

Apple Patenkan Lensa Periskop iPhone untuk 2022
Fun
Apple Patenkan Lensa Periskop iPhone untuk 2022

Apple mematenkan lensa periskopnya supaya tidak direbut perusahaan produk ponsel lain.

Arti Rumah Bagi noui Terangkum dalam ‘Hometonone (Stripped Version)’
ShowBiz
Arti Rumah Bagi noui Terangkum dalam ‘Hometonone (Stripped Version)’

Setelah merilis hometonone pada Agustus 2021 dan menerima tanggapa yang baik dari pendengarnya, noui telah mengumpulkan lebih dari 100 ribu total streaming.

Sutradara 'Fast & Furious 10' Mundur Setelah Sehari Syuting
ShowBiz
Sutradara 'Fast & Furious 10' Mundur Setelah Sehari Syuting

'Fast & Furious 10' untuk sementara tidak memiliki sutradara.

Vaksin COVID-19 Tidak Mengganggu Kesuburan
Fun
Vaksin COVID-19 Tidak Mengganggu Kesuburan

Pasangan yang sedang mengharapkan momongan tak usah takut divaksin COVID-19.

Zoom akan Punya Fitur Penerjemah Bahasa Berbasis AI
Fun
Zoom akan Punya Fitur Penerjemah Bahasa Berbasis AI

Inovasi yang ditawarkan Zoom bertujuan untuk memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya

Wewangian Idola K-Pop
ShowBiz
Wewangian Idola K-Pop

Pernah bayangin seperti apa sih aroma tubuh idolamu?

Pentingnya Self-Talk di Masa Pandemi
Fun
Pentingnya Self-Talk di Masa Pandemi

Apa yang kamu pikirkan akan memengaruhi responmu.

Doctor Strange Menggunakan Rune di 'Spider-Man: No Way Home'
Fun
Doctor Strange Menggunakan Rune di 'Spider-Man: No Way Home'

Rune tersebut mirip seperti yang ada di serial 'Wandavision'.