Beri Keterangan Palsu Usai dari Stasiun Luar Angkasa, Astronot Jepang Minta Maaf Astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Norishige Kanai dari Jepang (tengah), Anton Shkaplerov dari Rusia (bawah) dan Scott Tingle dari AS (ANTARA FOTO/REUTERS/Shamil Zhumatov)

MerahPutih.Com - Pengakuan astronot Jepang, Norishige Kanai bahwa dirinya bertumbuh sembilan sentimeter usai menjalani misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional mengejutkan khalayak ramai. Astronot berusia 41 tahun itu, mengungkapkan tingginya bertambah sekitar sembilan sentimeter. Namun, tak lama kemudian, tepatnya Rabu (10/1) Norishige Kanai meminta maaf dan mencabut kembali pengakuannya itu.

Benarkah manusia bertumbuh saat berada di luar pusaran gravitasi seperti saat berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional? Atau ringkasnya, apakah tubuh manusia bertambah tinggi ketika berada di luar angkasa? Jawabannya, iya.

Dalam pengalaman sejumlah astronot, memang terjadi pertambahan tinggi badan khususnya bagian tulang belakang lantaran aktivitas mereka yang terbebas dari gaya gravitasi. Tapi harus diingat bahwa pertumbuhan atau bertambahnya tinggi badan tersebut akan kembali normal saat para astronot kembali ke Bumi. Jadi, bonus tinggi badan bertambah hanya berlangsung saat berada di luar jangkuan gravitasi.

Kebanyakan astronot "bertumbuh" selama misi antariksa yang memakan waktu lama dan panjang karena tulang belakang mereka memanjang tanpa gravitasi, namun pertumbuhan tersebut biasanya terbatas beberapa sentimeter saja dan menghilang begitu mereka kembali ke tanah.

Sebagaimana dilansir Antara, Kanai, 41, yang menuju luar angkasa bulan lalu untuk misi yang dilakukan hampir enam bulan, mengirimkan di Twitter pada Senin bahwa dia memiliki "pengumuman besar." "Tinggi badan saya diukur di sini di luar angkasa dan entah bagaimana, entah bagaimana, saya telah tumbuh sembilan sentimeter! Hanya dalam tiga minggu saya benar-benar tumbuh, sesuatu yang belum pernah saya lihat sejak SMA," cuitnya.

"Ini membuat saya sedikit khawatir bahwa saya mungkin tidak cukup dalam kursi Soyuz untuk kepulangan kami," ujarnya.

Namun, dalam beberapa saat lebih dari sehari kemudian - dan setelah munculnya berita-berita - dia meminta maaf, mengatakan bahwa dia telah mengukur dirinya sendiri setelah kaptennya mengajukan pertanyaan tentang pertumbuhan yang tampak dan dia hanya meninggi sekitar dua sentimeter dibandingkan tinggi badannya di Bumi.

"Salah pengukuran ini tampaknya menjadi masalah besar, jadi saya harus meminta maaf atas berita palsu yang buruk ini," cuitnya, tanpa menjelaskan bagaimana kesalahan perhitungan yang asli telah terjadi.

"Sepertinya saya dapat muat di Soyuz, jadi saya lega," ungkap Norishige Kanai.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH