Berhubungan Seks Bisa Bikin Serangan Jantung?

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Minggu, 07 Januari 2018
Berhubungan Seks Bisa Bikin Serangan Jantung?
Mayoritas pria yang mengalami serangan jantung karena seks (Foto: freeimages)

AKTIVITAS seks selayaknya seperti berolahraga. Berhubungan seks juga membutuhkan energi dan stamina yang tidak kendor. Lega rasanya setelah melampiaskan hasrat berhubungan seks dengan pasangan.

Tapi tunggu dulu, ternyata tidak selalu berujung kenikmatan setelah berhubungan seks. Meskipun memiliki kemungkinan kecil, berhubungan seks bisa berujung ke serangan jantung. Demikian menurut laman Live Science.

Pada sebuah penelitian, para peneliti menganalisis informasi dari lebih dari 4.500 orang yang mengalami serangan jantung mendadak, suatu kondisi di mana jantung tiba-tiba berhenti berdetak karena masalah dengan aktivitas listrik jantung.

Dalam penelitian itu ditemukan beberapa 'penangkapan' serangan jantung setelah aktivitas seksual, meskipun hanya 1 persen. Menurut periset, penelitian ini adalah yang pertama meneliti aktivitas seksual sebagai pemicu potensial untuk serangan jantung mendadak di antara populasi umum.

Penelitian tersebut dipresentasikan di pertemuan Sesi Ilmiah American Heart Association di Anaheim, California, dan dipublikasikan di Journal of American College of Cardiology.

"Sementara serangan jantung mendadak adalah kondisi yang sangat buruk dengan kemungkinan kematian yang tinggi. Kemungkinan hal ini terjadi selama aktivitas seksual sangat rendah," kata Dr. Sumeet Chugh, Direktur Medis Heart Rhythm Center di Cedars-Sinai Heart Institute di Los Angeles dan penulis senior studi ini.

Namun serangan jantung setelah berhubungan seks mayoritas ditemukan di kalangan pria. Sekiranya ditemukan 1 dari 100 kasus henti jantung yang menyatakan setelah berhubungan seks. Sementara bagi para wanita berbanding 1 dari 1000 kasus serangan jantung.

Kemungkinan lainnya mereka yang terkena serangan jantung saat berhubungan seks memang memiliki gangguan jantung. Dengan demikian mungkin saja bagi orang yang memiliki jantung sehat akan lebih tipis lagi.

Bukan berarti aktivitas seks bisa menjadi berbahaya. Akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda selalu menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga kardio secara teratur. (Ikh)

Baca juga artikel terkait lainnya Ingin Kehidupan Seks Lebih Baik? Kencinglah Sambil Jongkok.

#Aktivitas Seksual
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan