Berhenti Minum Alkohol Bisa Membuatmu Beli Ponsel Baru Minum alkohol buruk untuk kesehatanmu (Foto: Unsplash/Helena Lopes)

SEBOTOL minuman beralkohol itu memang nikmat. Apalagi kalau disajikan dingin, benar-benar bikin tubuh segar di siang bolong. Satu botol saja tidak cukup hari ini, bikin kamu ketagihan, rasanya ingin nambah terus.

Namun, asal kamu tahu, dibalik menyegarkannya minuman itu, ada segudang keburukan yang bisa mengganggu kesehatanmu. Memang efeknya tidak sekarang, karena sifatnya berjangka panjang. Mengonsumsi minuman beralkohol bisa menimbulkan kerusakan hati, ginjal, pankreas, saraf, infeksi paru-paru, hingga diabetes.

Baca juga:

Sebaiknya Hentikan Mengonsumsi Alkohol

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mulai berhenti minum alkohol. Tidak cuma baik untuk kesehatanmu, tapi bermanfaat juga lho untuk isi dompetmu. Sering mengonsumsi minuman beralkohol bisa menguras banyak isi dompetmu.

Kamu bisa beli ponsel baru kalau berhenti minum alkohol (Foto: Unsplash/dhe haivan)

Melansir Men's Health, Channel Youtube Facts Verse menjelaskan berhenti mengonsumsi alkohol bisa menghemat pengeluaranmu mencapai USD 400, atau setara dengan lebih dari Rp. 5 juta. Itu pun tergantung lagi dengan jenis alkohol yang kamu konsumsi dan frekuensi kunjungan ke bar. Kamu bisa hemat lebih banyak uang lagi.

Bisa kamu bayangkan, dengan jumlah uang tersebut, bisa kamu gunakan untuk beli ponsel baru, laptop, bahkan untuk traveling. Tubuhmu kamu pun kemungkinan besarnya bisa tetap sehat hingga di usia tua.

Baca juga:

Konsumsi Alkohol Bahayakan Kesehatan Gigi dan Mulut

Selain menghemat uang, tidak mengonsumsi alkohol juga bermanfaat untuk kesehatan kulitmu. Alkohol mengandung zat diuretik, yang dapat menurunkan jumlah cairan dalam tubuh. Klinik Cleveland menyebut zat tersebut juga mengurangi hormon spesifik yang membantu tubuh menahan air. Alhasil, seluruh tubuh akan mengalami dehidrasi dan menyebabkan kulit kering.

Menghindari alkohol bikin berat badanmu ideal (Foto: Unsplash/Siora Photography)

Beberapa orang yang berhenti minum alkohol merasakan manfaat yang sangat nyata, yaitu penurunan berat badan. Alkohol mengandung kalori tetapi memiliki sedikit nilai gizi. Artinya sangat mungkin untuk minum hingga 2.000 kalori alkohol dalam sehari entah itu dari koktail atau bir.

Terlebih jika kamu mengonsumsi alkohol di bar. Akan terasa hambar tanpa ditemani camilan-camilan lezat nan tinggi kalori. Kemungkinan mengalami obesitas semakin tinggi.

Jadi, yuk sahabat Merah Putih, hindari mengonsumsi alkohol! (ikh)

Baca juga:

Hal-Hal ini akan Meyakinkan Kamu Menjauhi Alkohol

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH