Berhenti Mendengkur Saat Tidur dengan 3 Cara Berikut

 Irene Gianov Irene Gianov - Kamis, 11 Mei 2017
Berhenti Mendengkur Saat Tidur dengan 3 Cara Berikut
Tanpa Anda sadari, kebiasaan mendengkur bisa mengganggu kualitas tidur pasangan Anda (Foto: Huffington Post)

Mendengkur, atau bahasa umumnya 'ngorok', merupakan suatu hal yang sering ditemukan terjadi pada tubuh saat tidur. Mendengkur bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari obesitas, struktur mulut kurang baik, sampai penyakit lainnya yang patut menjadi perhatian Anda.

Seseorang yang mendengkur biasanya tidak tahu kalau ia tidur dan mengeluarkan suara dengkuran. Namun, kualitas tidur pasangan bisa terganggu karena suara dengkuran tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa trik untuk hentikan mendengkur saat tidur.

1. Olahraga dan turunkan berat badan

Rutinlah berolahraga dan jaga berat badan tetap ideal (Foto: pixabay.com)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mendengkur bisa terjadi karena obesitas, atau kelebihan berat badan. Karena itu, berolahraga secara rutin dan menjalankan program penurunan berat badan akan jadi salah satu langkah yang tepat dalam menghentikan 'kebiasaan' mendengkur.

2. Gaya hidup sehat

Minum air yang cukup bisa menghentikan dengkuran saat tidur (Foto: pixabay.com)

Selain olahraga, ada beberapa gaya hidup sehat yang bisa dilakukan untuk menghentikan dengkuran. Misalnya saja berhenti merokok, hindari alkohol, cukup minum air putih, hindari makan malam paling tidak tiga jam sebelum tidur, serta bersihkan saluran pernapasan secara rutin. Jika semuanya sudah dilakukan, tidur pun akan lebih lega dan terbebas dari suara dengkuran.

3. Ciptakan kebiasaan tidur yang baik

Kebiasaan tidur yang baik bisa menghentikan kebiasaan mendengkur (Foto: pexels.com)

Ada beberapa kebiasaan terkait tidur yang bisa diperbaiki agar tidur lebih berkualitas dan tanpa dengkuran. Misalnya saja tidur cukup, dengan memperhatikan jam tidur dan jam bangun. Kemudian, usahakan tidur dengan posisi miring, jangan telentang, dan gunakan bantal untuk meninggikan kepala. Terakhir, rutinlah membersihkan kamar, karena mendengkur juga bisa disebabkan alergi karena kotoran dan kutu yang terdapat di kamar.

Baca juga artikel kesehatan lainnya: 3 Langkah Sederhana Peregangan Bahu dan Leher, Lakukan Ini Saat Istirahat.

#Tidur #Posisi Tidur #Kualitas Tidur #Gangguan Pada Tidur #Kesehatan #Tips #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Irene Gianov

Love Indonesia
Bagikan