Berendam di Pemandian Air Panas Bandung

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Minggu, 25 November 2018
Berendam di Pemandian Air Panas Bandung
Pemandian Air Panas Ciwidey Valley. (@Instagram/@ gtitrans)

BANDUNG merupakan kotanya kaum millennial. Ada banyak cara seru yang bisa kamu lakukan untuk menikmati kota dengan julukan Paris van Java ini. Mulai berbelanja mode di factory outlets hingga nongkrong manis di kafe-kafe cantik sambil mengecup mesra bibir cangkir kopi.

Tapi tahu kah kamu? Bandung bukan sekedar tempat piknik modern saja. Kota ini juga menyimpan banyak wisata alam nan permai, mulai dari wisata gunung, bukit, hingga kawah. Sambil menikmati suasana alam dan udara dingin Kota Bandung, kamu juga bisa relaksasi dengan cara berendam di kolam air panas.

Kota mode yang terletak di Jawa Barat ini juga menyimpan belasan tempat wisata pemandian air panas.

1. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang. (Instagram/@ kiaora.bdg)
Pemandian Air Panas Cibolang. (Instagram/@ kiaora.bdg)

Pemandian Air Panas Cibolang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata legendaris di Bandung. Tempat ini berdiri sejak 1985. Lokasinya berada di Desa Wanasuka, Kecamatan Pangelengan. Pada tahun 1990, sempat dilakukan renovasi sehingga fasilitas di tempat ini lebih lengkap. Mulai dari tempat makan hingga penyewaan alat pancing, bisa kamu memanfaatkannya.

Wisata pemandian air panas yang berada di lahan seluas 2 hektar ini berada di ketinggian 1.450 mdpl. Jadi, selama berendam di kolam air panas, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam khas pegunungan sekitar. Untuk menikmati pengalaman berendam di sini, kamu wajib bayar tiket masuk Rp15.000 dan parkir Rp3.500 (motor) atau Rp10.000 (mobil).

2. Pemandian Air Panas Gracia Hot Spring

Air Panas Gracia Hot Spring. (Instagram/ @cherulis06)
Air Panas Gracia Hot Spring. (Instagram/ @cherulis06)

Lokasinya beradi di Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater. Gracia Hot Spring menyediakan tiga kolam pemandian air panas utama untuk orang dewasa dan satu kolam untuk anak-anak. Sumber air panas yang ada di Gracia Hot Spring berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Kabarnya, kandungan sulfur di dalam air dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Di tepi kolam air panas, terdapat deretan kursi berpayung untuk kamu bersantai setelah berendam. Selain itu, fasilitas lain yang bisa kamu nikmati di Gracia Hot Spring adalah kantin, ruang mandi, hingga ruang spa. Bahkan, tersedia pula resort bagi kamu yang ingin menginap.

3. Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu. (Instagram/@tianvebb)
Pemandian Air Panas Cimanggu. (Instagram/@tianvebb)

Ingin berendam di air panas, tapi bingung menentukan waktu karena jadwal padat? Kamu bisa datang ke Pemandian Air Panas Cimanggu di Jalan Raya Ciwidey yang buka hingga malam hari. Destinasi wisata alam dengan dikelilingi pepohonan rindang ini cukup ramai dikunjungi oleh keluarga. Pemandian air panas Bandung yang satu ini memiliki fasilitas berupa area permainan anak, taman kelinci, dan area outbound.

Untuk menikmatinya, kamu hanya bayar Rp17.000 (weekday) atau Rp21.500 (weekend). Jika ingin suasana yang lebih tenang, pemandian air panas ini juga menyediakan tempat berendam VIP. Bagi yang ingin menghabiskan waktu lama di sini, kamu juga bisa menginap di cottage kawasan Pemandian Air Panas Cimanggu.

4. Pemandian Air Panas Ciwidey Valley

Pemandian Air Panas Ciwidey Valley. (@Instagram/@ gtitrans)
Pemandian Air Panas Ciwidey Valley. (@Instagram/@ gtitrans)

Pemandian Air Panas Ciwidey Valley merupakan bagian dari Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort. Jadi, tak hanya kolam pemandian air panas, di sini kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas lain seperti waterpark dan resort untuk menginap. Bahkan, ada pula taman bermain dan taman burung yang menarik untuk dikunjungi, terutama oleh anak-anak.

Sementara itu, area sekitarnya banyak ditumbuhi oleh pepohonan asri sehingga menciptakan kesan sejuk dan pemandangan yang indah. Dengan bayar Rp50.000, kamu sudah bisa berendam sepuasnya sambil menikmati alam asri. Tak perlu tunggu lebih lama, datanglah segera ke Jalan Raya Barutunggul KM 17, Alamendah, Rancabali! (*)

#Travel #Traveling #Pemandian
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan