Berendam di Kolam Khusus, Vladimir Putin Jalani Ritual Gereja Ortodoks Presiden Rusia Vladimir Putin jalani pembaptisan menurut tradisi Gereja Ortodoks (Foto: Screenshot newsweek.us)

MerahPutih.Com - Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sejumlah kesempatan enggan mengungkapkan kepercayaan pribadinya. Namun tak jarang, orang terkuat di Rusia itu terekam bersama para pemimpin gereja Kristen Ortodoks. Bahkan teranyar, Putin mengikuti ritual pembaharuan pembaptisan disaksikan para pemimpin Ortodoks.

Sebagaimana dilansir televisi pemerintah Rusia, pada Kamis (18/1) kemarin, Vladimir Putin dengan bertelanjang dada berendam di dalam kolam khusus sebagai penanda perayaan Hari Penampakan Tuhan atau Epifani dalam tradisi gereja Kristen.

Televisi pemerintah Rusia menunjukkan Putin berbaris menuju danau beku Seliger, sekitar 400 kilometer utara Moskow, mengenakan mantel kulit domba dan sepatu bot dari bulu kempa.

Dengan mantel dan sepatu bot dilepas, Vladimir Putin kemudian berjalan menyusuri satu set tangga kayu ke lubang di es, menyilangkan tubuhnya dan mencelupkan kepalanya ke bawah permukaan air.

Suhu udara saat itu sekitar enam derajat celsius di bawah nol.

Seperti dilansir Antara, Jumat (19/1) setiap tahun saat perayaan Epifani, umat Kristen Ortodoks membenamkan diri di sungai dan danau untuk memperingati pembaptisan Yesus Kristus di Sungai Yordan.

Vladimir Putin, yang berkampanye untuk pemilihan ulang dalam pemilihan presiden 18 Maret, tumbuh di bawah pemerintahan Komunis di mana warganya terbuka menunjukkan agama yang disukai. Sebagai presiden, dia sering mendatangi acara Ortodoks Rusia, dan telah memberi gereja suara terbesar di masyarakat.

Pemimpin Rusia, yang berusia 65 tahun, dikenal karena melucuti pakaiannya sebatas pinggang di depan umum untuk memperlihatkan tubuhnya.

Pada Agustus tahun lalu, ia difoto dalam keadaan telanjang dada saat menangkap ikan di danau pegunungan di Siberia dan pada Agustus 2009 dengan bertelanjang dada difoto dalam keadaan menunggang kuda saat liburan di Siberia.(*)


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH