Berendam Air Panas, Cara Asyik Bakar Kalori Berendam di air panas membakar kalori seperti berjalan kaki 30 menit. (foto: pixabay/free-photos)

BUAT kamu yang ingin menurunkan berat badan tapi malas berlama-lama berolahraga, ada kabar baik. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa berendam di air panas membakar kalori sama banyak dengan 30 menit berjalan kaki.

Seperti dilansir Health, sekelompok peneliti di Loughborough University meneliti 14 pria yang diberikan dua tes berbeda. Tes pertama ialah bersepeda selama sejam, sedangkan tes lainnya ialah berendam selama sejam di air bersuhu 40 derajat celsius.

Tujuan penelitian tersebut ialah meningkatkan suhu badan hingga 1 derajat. Tentu saja bersepeda membakar lebih banyak kalori ketimbang berendam air panas. Meskipun demikian, para peneliti malah menemukan hal menarik. Ternyata, berendam sejam dalam air 40 derajat akan membakar 130 kalori. Jumlah itu sama banyaknya dengan yang dibuang dengan berjalan selama setengah jam.

Hasil lain dari studi tersebut, yang dipublikasikan The Conversation, menemukan bahwa puncak gula darah 10% lebih rendah saat berendam air panas. Berendam air panas juga ternyata punya efek yang sama dengan berolahraga dalam hal respons sebagai antiperadangan.

hot tub
Berendam di air panas memberi efek yang sama dengan berolahraga. (foto: Instagram @lilamarinocamacho)

Penelitian itu menyebutkan bahwa bersantai di bak air panas selama sejam akan membantu mengurangi peradangan. Hal itu disebabkan pemanasan pasif yang terjadi pada tubuh. Pemanfaatan pemanasan pasif tubuh untuk pengobatan relatif baru. Meskipun demikian, terapi tersebut cukup populer di Finlandia.

Studi lain yang diterbitkan di jurnal JAMA Internal Medicine pada 2015 menyebut bahwa menghabiskan waktu di sauna, yang juga cara lain untuk mendapat pemanasan pasif, akan menjauhkan penyakit kardiovaskuler.

Meskipun semua penelitian itu merupakan kabar baik untuk kamu yang berusaha menurunkan berat badan, satu hal yang perlu kamu cermati, yaitu seluruh partisipan studi tersebut ialah pria. Oleh karena itu, efek pemanasan pasif pada tubuh dengan berendam air panas mungkin akan berbeda pada perempuan.

Meskipun tidak membakar sebanyak kalori seperti yang terjadi pada pria, berendam air panas pastinya punya efek menenangkan. Ayo, berendam air panas!(dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH