Berenang Membantu Melancarkan Darah Bagi Ibu Hamil Renang memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. (Foto: Pixabay/Pexels)

BUKAN rahasia kalau perempuan yang tengah hamil cenderung menjadi malas gerak dan lebih suka tidur-tiduran saja di rumah. Nasihat orang zaman dahulu kalau orang hamil tidak boleh banyak gerak agar bayinya baik-baik saja seringkali dijadikan alasan agar ibu hamil boleh bermalas-malasan. Meskipun sudah banyak kelas senam khusus ibu hamil tetapi masih banyak juga yang memilih untuk santai di rumah.

Melansir dari babycenter.com, sebaiknya ibu hamil justru banyak bergerak selain demi kesehatan tubuhnya sendiri juga untuk kesehatan sang jabang bayi. Berenang bisa dijadikan pilihan tepat bagi ibu hamil untuk bisa terus bergerak dan membakar kalori selama masa kehamilan. Terlalu banyak kalori yang menumpuk dalam perut ibu hamil ternyata berbahaya untuk kesehatan bayi. Ibu hamil tetapi harus bergerak meskipun tidak berlebihan. Melakukan olahraga yang ringan dan santai seperti berenang ternyata dapat membantu proses persalinan.

Baca Juga: Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Seafood? Ini Faktanya

1. Membantu Posisi Janin

hamil
Ibu hamil tidak baik bermalas-malasan. (Foto: Pixabay/alessandraamendess)

Ibu hamil akan melalui masa kehamilan selama 9 bulan lamanya. Saat sudah siap lahir kepala bayi harus sudah berada di bawah yaitu tepat di jalan lahir atau dekat dengan leher rahim. Seringkali ketika sudah memasuki masa persalinan kepala bayi belum berada di tempat seharusnya sehingga dengan terpaksa sang ibu harus melakukan senam kilat yang menyakitkan untuk membenarkan posisi bayi di detik-detik terakhir menuju proses persalinan.

2. Melancarkan Peredaran Darah

hamil
Berenang membuat peredaran darah lancar. (Foto: Pexels/Kira Schwarz)


Kalau kamu selalu bermalas-malasan selama masa kehamilan, bisa jadi peredaran darahmu tidak lancar. Jika sudah begini akan terjadi penggumpalan yang berbahaya bagi nyawa ibu dan bayi. Berenang untuk ibu hamil hanya membutuhkan gerakan-gerakan yang simpel dan santai sehingga tidak akan membuat tubuh ibu terlalu lelah.

Baca Juga: 3 Jenis Wisata yang Cocok untuk Kamu yang Sedang Hamil


3. Mencegah Varises

hamil
Varises pada kaki dapat diatasi dengan berenang. (Foto: Pixabay/Greyerbaby2)


Berenang mengurangi resiko terjadinya varises pada ibu hamil. Dengan terus melakukan gerakan-gerakan olahraga simpel seperti berenang, kondisi tubuh ibu hamil akan stabil. Kaki tidak bengkak seperti kondisi hamil pada umumnya.

4. Menjaga Suhu Perut

hamil
Mendinginkan tubuh dari suhu udara panas. (Foto: Pixabay/freestocks-photos)


Berenang juga dipercaya akan menjaga suhu perut ibu hamil sehingga terhindar dari over heated terutama bagi mereka yang tinggal di daerah tropis. Berenang juga mampu membuat pernapasan ibu lebih kuat. Aliran darah dan oksigen pun menjadi lancar. (mar)

Baca Juga: Diabetes Gestasional Banyak Terjadi pada Ibu Hamil



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH