Berenang di Laut Menyenangkan, Tapi... Banyak yang perlu diperhatikan sebelum berenang di laut. (Foto: Pixabay/michasager)

LIBURAN ke pantai merupakan salah satu destinasi pilihan keluarga. Bagaimana tidak, kamu bisa refreshing sekaligus mengenalkan anak pada keindahan alam. Kamu bisa tanning kulit gratis dengan berjemur seharian.

Berenang di pinggir pantai sampai snorkling ke tengah laut merupakan sedikit kegiatan yang bisa kamu lakukan. Tapi, walaupun pantai yang kamu tuju terkenal aman, tetapi siapa yang tahu kalau ada hiu nyasar.

Baca juga:

Ini 4 Rekomendasi Desain Undangan Pernikahan Bagi Para Traveler

Melansir dari mensjournal.com, banyak hal yang perlu kamu siapkan sebelum memutuskan untuk berenang di laut. Karena kemungkinan buruk bisa terjadi kapan saja. Jangan sampai liburan seru bersama keluarga berubah jadi malapetaka hanya karena sebuah tragedi.

Pastikan juga kondisi mentalmu siap untuk menghadapi banyak tantangan di tengah laut. Kira-kira apa saja yang perlu disiapkan? Yuk intip ulasan berikut ini.

1. Pelampung

Selalu gunakan pelampung. (Foto: Pixabay/Pexels)
Selalu gunakan pelampung. (Foto: Pixabay/Pexels)

Medan laut berbeda dengan kolam renang biasa. Ada tekanan dari banyak sisi yang menyebabkan pergerakan ombak. Kamu tidak akan bisa menyeimbangkan dirimu tanpa bantuan dari pelampung.

Biasanya pelampung berbentuk rompi yang melekat di tubuh bagian atas. Kamu tidak akan lelah mengikuti ombak karena pelampung mampu membuatmu tetap berada di permukaan air untuk bernapas.

2. Bisa Berenang

Pastikan kamu bisa berenang. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Pastikan kamu bisa berenang. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Di kolam renang saja banyak terjadi kasus kematian karena tenggelam, apalagi di laut. Pastikan kamu bisa berenang terlebih dahulu dan sudah mengikuti uji keselamatan. Belajar berenang sama saja belajar bertahan hidup dalam menghadapi hantaman air. Begitupula ketika kamu dihadapkan dengan banyaknya ombak.

Baca juga:

5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Bulan Oktober

3. Perhatikan Cuaca

Perhatikan kondisi cuaca sebelum pergi ke laut. (Foto: Pixabay/AbelEscobar)
Perhatikan kondisi cuaca sebelum pergi ke laut. (Foto: Pixabay/AbelEscobar)

Sebelum merencanakan liburan di pantai ada baiknya kamu memperhatian ramalan cuaca. Cari waktu yang tepat ketika ombak sedang surut dan tidak terlalu bergelombang.

Berenang di tengah laut dan perairan yang tenang akan membuat liburan keluarga terasa aman. Anak-anak pun akan menikmati waktunya selama berada di laut lepas. Selain itu kamu juga harus memastikan pantai yang kamu tuju bebas dari kabar miring mengenai hiu dan kecelakaan lainnya.

4. Warna Pakaian

Gunakan pakaian renang berwarna gelap. (Foto: Pixabay/Pexels)
Gunakan pakaian renang berwarna gelap. (Foto: Pixabay/Pexels)

Jangan menggunakan pakaian renang yang warnanya mencolok karena akan menarik perhatian hiu. Gunakan pakaian renang berwarna gelap. Selain warna, pastikan bahannya ringan dan nyaman di tubuhmu. Sehingga tidak membatasi gerak-gerikmu. (mar)

Baca juga:

Gunung Rinjani Masuk Jajaran Wisata Terpopuler Google


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani