Psikologi
Berempati Malah Bikin Orang Sebal? Kita bisa membuat orang merasa tidak baik saat berempati terhadapnya. (Foto: Pexels/Liza Summer)

KETIKA seseorang merasa terpuruk, kita mungkin ingin datang untuk berempati menghiburnya. Namun tanpa disadari, alih-alih membuatnya lebih baik kita justru menginvalidasi perasaannya dan membuat ia merasa lebih terluka.

Invalidasi adalah keadaan kita menolak perasaan tersebut dan cenderung menyembunyikan perasaan negatif di balik kata-kata positif. "Invalidasi adalah ketika seseorang tidak menganggap apa yang lawan bicara rasakan sebagai sesuatu yang nyata," tulis psikiater, dr. Jiemi Ardian, SpKJ di akun Twitter-nya.

Baca juga:

Psikolog: Individu dengan Trauma Masa Kecil Miliki Empati Lebih Besar

Invalidasi misalnya, ketika lawan bicara mengungkapkan kesedihannya, mereka seolah tidak mau kalah dan mengecilkan apa yang dirasakan. Misalnya, 'Gitu aja sedih. Gue pernah yang lebih parah lagi'. Ini benar-benar kata yang akan membuatnya makin down.

Hati-hati dalam memilih kata saat berempati. (Foto: Pexels/Liza Summer)

Jiemi mengemukakan praktik invalidasi, semanis atau sefakta apapun pernyataan yang diucapkan berpotensi sangat menyakitkan bagi mereka yang mendengarnya.

Sementara itu, psikiater dr. I Gusti Rai Putra Wiguna, Sp.KJ menjelaskan dalam akun Instagramnya, @gstraiwiguna ada beberapa karakter orang yang menjatuhkan dan menginvalidasi perasaan orang.

Orang yang menginvalidasi perasaan lawan bicara biasanya mencoba membuatmu merasa bersalah. Respon yang biasa mereka lontarkan ketika lawan bicara mulai curhat misalnya, 'Aku mencoba membantumu', Setidaknya aku coba membantumu', hingga 'kamu membuat orang lain menderita'.

Baca juga:

Benarkah Hobi Selfie Tanda Gangguan Narsistik?

Ciri lain yang biasa muncul dari orang yang menginvalidasi pihak lain misalnya dengan coba mengasingkanmu. Mereka biasanya mengatakan 'kamu satu-satunya yang merasa terganggu dengan keadaan itu'.

Senada dengan ucapan dokter Jiemi, dokter Rai juga menuturkan bahwa orang yang menginvalidasi orang lain cenderung mengecilkan perasaan lawan bicara. "Mereka cenderung menanggapi perasaan lawan bicara sebagai lelucon. Kalimat andalan mereka misalnya, 'kamu pasti bercanda. Ngga mungkin selebay itu kali'," tuturnya.

Jangan menasihati tapi menghakimi. (Foto: Pexels/Liza Summer)

Bentuk invalidasi lain yang bisa melukai seseorang yang sedang berduka adalah dengan menasihati dengan kalimat penuh penghakiman. "Bukannya mendengarkan, mereka cenderung menghakimi dengan kalimat menyakitkan seperti, 'Kamu terlalu sensitif', atau 'Kamu kurang berdoa sih'. Padahal mereka tidak tahu seberapa jauh orang tersebut keluar dari kondisi terpuruknya," jelas dokter Rai.

Bukan cuma menghakimi, bentuk invalidasi penyertanya adalah dengan mendikte orang yang bersedih dan mengatakan apa yang harus dilakukan. 'Kamu harusnya bersyukur. Jangan sampai itu mengganggumu', adalah contoh kalimat yang sering mereka ucapkan.

Hal yang paling menyebalkan adalah ketika mulai menyangkal persepsimu dan tetap melakukan pembelaan diri. Kalimat andalan mereka, 'Itu cuma pendapatku kok. Aku tetap menghargaimu'. (avia)

Baca juga:

Empat Alasan Mengapa Sering Mengeluh Bosan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Prilly Latuconsina Dapat Tas Berbahan Kulit Apel
Fashion
Prilly Latuconsina Dapat Tas Berbahan Kulit Apel

Sebagai selebritas, Prilly ingin apa yang dipakainya terlihat outstanding dan berbeda dari tas pada umumnya.

MCU Rilis Trailer Pertama 'Shang-Chi and The Legend Of The Ten Rings'
Fun
MCU Rilis Trailer Pertama 'Shang-Chi and The Legend Of The Ten Rings'

'Shang-Chi and The Legend Of The Ten Rings' tayang tahun ini.

4 Busana Terbaik First Lady Baru Amerika Serikat, Jill Biden
Fashion
4 Busana Terbaik First Lady Baru Amerika Serikat, Jill Biden

Perbedaan gaya busana dari Jill Biden ini sendiri, disebut dapat membawa perubahaan pada gaya busana untuk White House.

Mengapa Pakai Batik di Hari Jumat?
Fashion
Mengapa Pakai Batik di Hari Jumat?

apa yang membuat hari Jumat identik dengan seragam batik? sebenarnya, tidak ada alasan khusus untuk memakai bati di hari Jumat

Hindari Ketergantungan pada OTC
Fun
Hindari Ketergantungan pada OTC

OTC (over the counter) adalah obat yang bisa dibeli tanpa melalui resep dokter.

Langkah Cerdas dan Menyenangkan Saat Dampingi Anak Belajar di Rumah
Fun
Langkah Cerdas dan Menyenangkan Saat Dampingi Anak Belajar di Rumah

Belajar bersama anak itu menyenangkan kok.

Apple Harus Bayar Denda Rp1,58 triliun, Karena Bikin iPhone Lemot?
Fun
Apple Harus Bayar Denda Rp1,58 triliun, Karena Bikin iPhone Lemot?

Pengadilan menjatuhkan denda untuk penurunan kecepatan itu.

Kacamata Hitam Ala James Bond, Punya Speaker Tersembunyi
Fashion
Kacamata Hitam Ala James Bond, Punya Speaker Tersembunyi

Tetap stylish dan modern dengan kacamata hitam dari Bose dan Huawei.

‘Ikhlas’ Jadi Kunci untuk Jalani Ramadan
Fun
‘Ikhlas’ Jadi Kunci untuk Jalani Ramadan

Sebagai kunci menjaga keseimbangan dalam menjalani hidup.

USS 2020 Siap Manjakan Sneakershead Secara Virtual
Fun
USS 2020 Siap Manjakan Sneakershead Secara Virtual

USS 2020 akan diselenggarakan secara virtual.