Berdayakan UMKM, Hipmi Jaya Gelar Jakarta Market Fest HIPMI Jaya melaksanakan Jakarta Market Fest untuk memberdayakan UMKM (Foto: Ist)

MerahPutih.com - UMKM tidak lagi bisa dipahami sebagai sektor pinggiran yang keberadaaanya boleh diabaikan. UMKM adalah pelaku ekonomi yang secara nyata berperan strategis dalam ekonomi yang karena itu harus dikelola dan dikembangkan secara pro aktif mengikuti perubahan-perubahan dalam tata ekonomi global.

UMKM harus dikembangkan menjadi pelaku bisnis yang memiliki daya saing tinggi. Daya saing tersebut dibangun secara konsisten bersumber dari inovasi teknologi dan perbaikan produktifitas. Karena itu pemanfaatan teknologi secara optimum mulai dari teknologi yang paling sederhana hingga teknologi yang mampu menghasilkan produk dengan nilai tambah tinggi.

Perkembangan industri UMKM di Indonesia semakin harisemakin meningkat dan aktif, terutama di DKI Jakarta. Oleh karena itu, HIPMI JAYA setelah sukses menyelenggarakan acara The Weekenderpada akhir Juni 2018, pada bulan Agustus sampai awal September ini akan mengadakan Jakarta Market Fest.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Jakarta Market Fest dan foto bersama Sekteraris Umum HIPMI Jaya Arief Satria Kurniagung

Jakarta Market Fest adalah acara yang diselengarakan oleh HIPMI Jaya dalam rangka pembinaan dan pelatihan UMKM Indonesia untuk mendapatkan acces to market (salah satunya mendapatkan feedback langsung dari customers).

Selain itu Jakarta Market Fest ini sebagai bentuk nyata guna memberikan wadah bagi para UMKM untuk menjual produknya di tempat orisinalnya, pasar. Didukung oleh PD Pasar Jaya, acara berkonsep Flea Market pertama di Jakarta ini diadakan di Pasar Santa yang notabene pernah menjadi barometer tempat ngumpulnya para anak millennials beberapa waktu lalu.

“HIPMI Jaya, sebagai organisasi kader pengusaha muda terbesar di DKI Jakarta, ingin terus menciptakan para pengusaha muda baru yang selanjutnya memberikankesempatan dan memberdayakan para UMKM di Jakarta agar dapat terus naik kelas, salah satunya dengan mengadakan acara Jakarta Market Fest ini," kata Ketua Umum HIPMI Jaya, Afifuddin Suhaeli Kalla.

Keponakan Jusuf Kalla ini mengutarakan bahwa dengan dukungan PD Pasar Jaya, kami mempunyai mimpi yang sama untuk mengembalikan fungsi pasar sebagai tempat yang seru dan menyenangkan untuk dikunjungi.

"Jakarta Market Fest menghadirkan 30 UMKM di Jakarta, dengan menghadirkan produk-produk terbaiknya. Dengan konsep Flea Market acara ini diharapkan dapat membuat para anak millennials memperhitungkan pasar sebagai tempat alternatif untuk berbelanja," sambungnya.

Jakarta Market Fest diadakan selama empat pekan, setiap hari sabtu dan minggu kecuali tanggal 17 Agustus dimulai hari Jumat sampai awal bulan September. Acara ini juga diadakan dalam rangka mendukung penghelatan Asian Games 2018 dan memeriahkan HUT Proklamasi 17 Agustus 2018.

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Jaya Arief Nasrudin. (MP/Asropih Opih)

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasruddin merasa senang dengan acara Jakarta Market Fest yang diadakan oleh Hipmi Jaya.

"Ketika saya tantang mereka untuk membuat acara lagi seperti yang pernah diadakan pada bulan Juni lalu, ternyata HIPMI Jaya segera merespon dengan membuat acara yang lebih meriah, bahkan diadakan dalam 4 (empat) pekan," ujarnya.

Arif menilai Hpmi Jaya memiliki tujuan menjadikan pasar-pasar di Jakarta kembali menjadi tempat yang menyenangkan.Ia pun langsung dukung 100%. Pasar Santa ini hanya sebagai awal mulanya.

"Kita akan lihat hasilnya nanti, kalau tanggapan dari masyarakat positif, tidak menutup kemungkinan kita akan adakan acara sejenis di pasar-pasar lainnya di Jakarta," pungkasnya. (*)



Andika Pratama