Relasi

Berdamai dengan Diri Sendiri Setelah Putus Cinta

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 16 Maret 2022
Berdamai dengan Diri Sendiri Setelah Putus Cinta
Lepaskanlah semua perasaan padanya. (Foto: Pexels/burak kostak)

MENJALIN hubungan asmara tak selamanya berjalan dengan mulus. Ada saja yang membuat hubungan harus berakhir, baik keputusan sepihak ataupun keduanya. Berakhirnya sebuah hubungan tentunya menyakitkan. Perpisahan terkadang dapat menghancurkan harga diri seseorang dan juga membuat seseorang menjadi merasa kesepian dan tidak diinginkan. Menurut tikvahlake, ini adalah sesuatu yang tidak baik untuk kesehatan mentalmu, terlebih jika kamu masih memiliki perasaan yang mendalam untuk mantanmu.

Melupakannya mungkin terdengar mudah, namun cara terbaik untuk menjaga kesehatan mentalmu. Pastinya orang yang disekitarmu juga akan memberikan saran untuk melupakannya agar kamu tidak selalu merasa terpuruk.

Baca Juga:

Mimpi Bertemu Mantan Pertanda Masih Cinta?

relasi
Bila sudah berakhir segera berjalan untuk terus bergerak maju. (Foto: Pexels/Pixabay)

Awalnya pasti kamu ingin memilih untuk dibiarkan sendiri dan mencari tahu apa yang salah dan mencari tahu apa yang salah dalam hubunganmu dan menganalisis semua tindakan yang telah kamu lakukan. Tentunya kamu harus terus melangkah maju. Mungkin terdengar mustahil dan akan sulit namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Laman pschologytoday, mengungkapkan cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu move on dari mantan yang masih kamu cintai.

Memutuskan kontak adalah cara yang paling utama untuk membantu kamu melupakan mantan. Kamu tidak perlu untuk berpura-pura menjadi temannya. Banyak orang yang memiliki padangan bahwa persahabatan dengan mantan adalah cara untuk menjaga hubungan tetap hidup. Hal ini bisa saja terjadi tetapi hanya tergantung kepada situasi yang terjadi, persahabatan dengan mantan bisa saja terjadi jika kamu sudah mengiklaskan, menyembuhkan dan melupakan semua rasa sakit yang telah kamu alami. Melindungi diri sendiri adalah hal terpenting, jadi sebaiknya kamu memberitahu mantanmu bahwa kamu membutuhkan ruang atau memilih untuk tidak berhubungan dengannya terlebih dahulu.

Melepaskan semua mimpi yang kamu inginkan terhadap darinya. Ketika memulai hubungan biasanya ada harapan baik yang diimpikan. Kebanyakan orang berpikir bahwa hubungan yang mereka miliki adalah sesuatu yang berbeda. Tetapi nyatanya, hubungan itu sudah tidak ada dan kamu harus menyadari bahwa hubungan ini telah berakhir.

Melepaskan semua mimpi tersebut akan sangat menyakitkan pada awalnya. Namun kamu nantinya akan terbiasa hingga kamu bisa melupakannya. Kamu dapat menuliskan hal yang menyakitkan selama kamu menjalin hubungan dan membacanya sembari mengingat semua kenangan itu sampai perasaan menyakitkan itu mereda.

Tidak hanya itu, kamu juga harus berdamai dengan masa lalu agar kamu tidak merasakan sesuatu yang menyakitkan terus menerus. Kemarahan adalah bentuk dan respon yang wajar saat kamu disakiti. Namun menyimpan kemarahan dan kebencian kepada masa lalu, akan membuat kita semakin merasa sakit yang lebih dalam.

Baca Juga:

Tanda Dirimu Tidak Lagi Bahagia dengan Pasangan

relasi
Menyendiri boleh, tapi tak boleh jadi pecandu galau. (Foto: Pexels/mikoto.raw Photographer)

Tentunya ini bukan berarti bahwa ia lolos dalam perilaku buruknya namun ini adalah tentang kebebasan emosional yang kamu rasakan. Belajar memafkan dan berdamai dengan masa lalu akan membuat kamu lebih mudah mengalihkan fokus kepada hal-hal positif. Sebagai gantinya kamu juga bisa untuk mencoba melihat perspektif orang lain yang terlibat agar kamu lebih memahami peristiwa yang terjadi.

Ada baiknya kamu lebih mencintai diri sendiri. Berakhirnya hubungan seakan menjadi sebuah tanda untuk kamu lebih mencintai diri sendiri. Tidak hanya itu kamu juga harus percaya bahwa kamu juga pantas untuk berada di dalam hubungan yang lebih baik nantinya. Tetapi akan lebih baik untuk kamu tetap memandang diri kamu secara positif dan mencintai diri kamu sendiri.

Jika kamu merasakan ketakutan atau keraguan atau segala hal yang negatif, akan lebih baik kamu meminta bantuan secara profesional. Kamu tidak bisa mengharapkan orang lain untuk memperlakukan kamu dengan baik daripada kamu memperlakukan diri kamu sendiri.

Disisi lain, terkadang satu-satunya cara untuk melepaskan adalah dengan mencintai seseorang. Hubungan yang kita miliki akan bertahan dalam ingatan dan perasaan yang terdapat dalam ingatan kita. Akan lebih baik untuk mengubah rasa sakit yang kita alami menjadi keuntungan. Setiap hubungan yang berakhir akan mengajarkan kita sesuatu tentang diri kita sendiri dan tentang apa yang kita butuhkan untuk kebahagiaan. Mengakui peran terhadap apa yang salah dalam sebuah hubungan juga menjadi bagian penting dari proses pembelajaran. (pid)

Baca Juga:

Yuk, Bangkitkan Kembali Semangat Cinta ke Pasangan

#Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan