Berdamai Dengan Diri Sendiri, Kenapa Tidak? Berdamai dengan diri sendiri memiliki banyak manfaat (Foto: Unsplash/Isabella and Zsa Fischer)

MELAKUKAN kesalahan tentu pernah dialami setiap orang. Entah kesalahan kecil maupun kesalahan besar. Namun, saat melakukan kesalahan, banyak orang sulit mengakui untuk selanjutnya bisa berdamai dengan banyak pihak dan diri sendiri. Meminta maaf tentu baik, tetapi jika dari dalam diri masih bergejolak lantas apakah bisa tulus.

Mulailah berdamai dengan diri sendiri terlebih dahulu. Rasa amarah, kekecewaan, penolakan, dan lainnya akan jadi bara dalam sekam jika belum selesai. Berdamai dengan diri sendiri memiliki banyak manfaat. Salah satunya mendapat ketenangan hati, mengembangkan potensi diri, menjaga kesehatan fisik dan mental, serta meningkatkan kualitas hidup.

Baca Juga:

Salah Tafsir Lebih Baik Minta Maaf Daripada Minta Izin

Perlu diketahui, berdamai dengan diri sendiri bukan berarti mengabaikan berbagai kesalahan pernah dilakukan, melainkan bentuk kelapangan hati dalam menerima segala, seperti menjalani kehidupan tanpa terjebak bayang-bayang kesalahan masa lalu.

Aku minta maaf dan menyesal. (Foto: Unsplash/Samuel Rios)

Namun, pada praktiknya, mungkin banyak orang bingung seperti apa cara untuk berdamai dengan diri sendiri. Seperti dikutip dari laman Alodokter, ada sejumlah cara sederhana untuk berdamai dengan diri sendiri.

Cara pertama mengakui kesalahan dan jadikan pelajaran. Singkatnya, akui setiap kesalahan, dan pahami kesalahan tersebut sebagai kelalaianmu bukan merupakan tanda kegagalan.

Setelah kamu mengakuinya, jadikan setiap kesalahan itu pembelajaran untukmu agar tidak terulang kembali. Cara itu bisa membuatmu ingat kesalahan merupakan hal wajar, sehingga dapat berdamai dengan diri sendiri dan bisa melakukan hal lebih baik selanjutnya.

Cara kedua, hilangkanlah pikiran negatif karena bisa mempersulitmu untuk berdamai dengan diri sendiri. Mungkin pikiran negatif terasa wajar, bahkan kamu tak sadar, tapi dampaknya betapa kerasnya pikiran pada dirimu sendiri akan membuatmu terjebak.

Cara mengatasinya, kamu bisa menulis buku harian semua pikiran terbesit di benakmu, kemudian pisahkan pikiran positif dan negatif, setelah itu kamu baca ulang tulisan itu.

Cara tersebut bisa membuatmu sadar pikiran-pikiran menghalangi untuk berdamai dengan diri sendiri. Kamu juga bisa berbagai cerita dengan keluarga atau sahabat untuk menjauhkanmu dari pikiran negatif.

Baca Juga:

Kesadaran Akan Kesehatan Mental Picu Hadirnya Tren Staycation

Mendengar akal-akalan meminjam buku dari kakak kelas. (Foto: Pexels/Abby Chung)

Cara ketiga, fokus untuk memperbaiki diri. Dibanding terus merenungi kesalahan, sebaiknya kamu memperbaiki dirimu ke depannya. Caranya, pahami secukupnya lalu cari hal apa bisa kamu kembangkan saat ini, agar tidak terulang kesalahan serupa.

Selain itu, kamu bisa mencoba sejumlah hal baru positif dan sebelumnya tidak pernah dilakukan. Karena, bisa saja kamu membuka kesempatan di bidang lain.

Cara keempat, belajar mencintai diri sendiri. Seseorang akan lebih mudah memaafkan suatu kesalahan dari orang dicintai. Karena itu, agar bisa berdamai dengan diri sendiri, cobalah untuk mencintai diri sendiri.

maaf
Tulislah pernyataan kamu sudah memberikan maaf. (Foto: Unsplash/Cathryn Lavery)

Sikap tersebut juga merupakan bentuk kasih sayang terhadap diri sendiri, serta menerima segala kekurangan. Jadi, perlakukanlah dirimu sebagaimana kamu memperlakukan orang lain nan dicinta. Kemudian berikan dirimu hadiah untuk penghargaan atas semua pencapaian sudah diraih.

Jangan lupa untuk melakukan sesuatu disukai dan wujudkan hal-hal kamu impikan. Dengan begitu, hidup kamu akan jauh lebih menyenangkan serta bahagia.

Berdamai dengan sendiri memang tidak semudah membalikan telapak tangan dan membutuhkan waktu. Namun, kamu harus menyadari dirimu juga berhak untuk bahagia. (Ryn)

Baca Juga:

Stigma Negatif dan Mitos Jadi Penghambat Penanganan Kesehatan Mental

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Berencana Hamil Anak Kedua? Berikut yang Harus Kamu Pertimbangkan
Fun
Alasan 'Noktah Merah Perkawinan' Diangkat ke Layar Lebar
ShowBiz
Alasan 'Noktah Merah Perkawinan' Diangkat ke Layar Lebar

Sekarang dirasa waktu yang tepat untuk memberikan nafas baru kepada cerita yang sudah familiar ini.

4 Zodiak Paling Impulsif
Fun
4 Zodiak Paling Impulsif

Terdapat beberapa zodiak yang punya kecenderungan berperilaku impulsif.

Bersama Lil Nas X, Riot Games Hadirkan Skin Eksklusif 'League of Legends'
Fun
Bersama Lil Nas X, Riot Games Hadirkan Skin Eksklusif 'League of Legends'

Salah satu champion League of Legends tampil dengan gaya Lil Nas X.

Sangat Mirip, Saudara Aktor Hollywood ini Dijadikan Pemeran Pengganti
ShowBiz
Sangat Mirip, Saudara Aktor Hollywood ini Dijadikan Pemeran Pengganti

Sangat mirip, banyak orang mungkin tidak menyadarinya.

Kiat Memilih Lantai yang Aman dan Ramah Lingkungan
Hiburan & Gaya Hidup
Kiat Memilih Lantai yang Aman dan Ramah Lingkungan

Kenali tips memilih lantai yang aman dan ramah lingkungan

Bandung sebagai Barometer Musik sudah Memudar?
ShowBiz
Bandung sebagai Barometer Musik sudah Memudar?

Bandung juga menjadi ‘produsen’ seniman tanah air.

USB 4 Versi 2.0 Mampu Capai Kecepatan Hingga 80 GB per Detik
Fun
USB 4 Versi 2.0 Mampu Capai Kecepatan Hingga 80 GB per Detik

USB 4 Versi 2.0 bisa menjadi salah satu konektor tercepat yang pernah kita lihat sejauh ini.

Hindari Ekspektasi Terlalu Tinggi saat Kencan Pertama
Fun
Hindari Ekspektasi Terlalu Tinggi saat Kencan Pertama

Ekspektasi tinggi saat kencan pertama bisa mendatangkan kecewa.

AOV Star League 2022 Resmi Digelar, 6 Tim Hadirkan Strategi Terbaik
Fun
AOV Star League 2022 Resmi Digelar, 6 Tim Hadirkan Strategi Terbaik

AOV Star League 2022 memiliki total hadiah Rp 365 juta.