Berdamai dengan Corona via Musik Mendengarkan musik membantu meredekan stres. (Foto: Rencanamu)

Work From Home (WFH), karantina di rumah, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan hal-hal lainnya tentu sering kita dengar selama pandemi. Mau tidak mau semua orang harus beradaptasi dengan kondisi seperti ini.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati rasa jenuh atau bahkan stress ketika harus berdiam di rumah dalam jangka waktu yang lama.

Seperti dengan mendengarkan musik menjadi salah satu terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah emosional. Karena dengan mendengar musik akan mood kita menjadi lebih baik.

Baca juga:

Kontribusi Diskopantera Lewat Musik Di Tengah Pandemi Virus Corona

Hal positif lainnya yang bisa kita dapatkan dengan mendengarkan musik adalah membuat kita semakin fokus dan meningkatkan kemampuan dalam mengingat. Selain itu, mendengarkan musik akan membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Beberapa musisi tanah air merilis lagu yang terinspirasi dari wabah Corona. Tidak hanya judul yang secara gamblang menyebut kata Corona, tetapi dari penulisan liriknya yang tidak tanggung-tanggun menceritakan kondisi yang sedang dihadapi semua umat manusia saat ini.

Sebuah lagu ditulis tidak hanya untuk menceritakan apa yang dirasakan dari penulisnya, tapi juga memiliki pesan-pesan yang mendalam untuk pendengarnya. Berikut ini merupakan beberapa karya dari musisi tanah air yang memiliki judul nyentrik dan pesan yang menarik untuk didengarkan.

1. Project Pop - Gara-Gara Corona

Lagu yang dirilis pada 24 Maret 2020 ini membawa banyak respon positif dari warganet. Single terbaru ini merupakan bentuk daur ulang dari lagu mereka sendiri yang berjudul Gara-Gara Kahitna.

Project Pop berpesan kepada para pendengarnya untuk mencegah penyebaran virus ini lewat liriknya, seperti rajin mencuci tangan, tidak keluar rumah, dan dengan cara bersalaman yang berbeda.

Baca juga:

Cara Robi 'Navicula' Bertahan di Industri Musik Saat Pandemi Virus Corona

2. Iga Massardi - Krisis Hiburan

Lagu berikutnya yang juga terinspirasi dari COVID-19 ini adalah lagu terbaru dari vokalis dari Barasuara, Iga Massardi. Krisis Hiburan memang sangat relevan dengan kondisi di tengah pandemi. Liriknya juga memperlihatkan bagaimana kondisi yang sedang dihadapi oleh 'bapak-bapak' paruh baya saat ini.



3. Tulus - Adaptasi

Selanjutnya lagu dari seorang musisi Tanah air yang terkenal dengan lagu Jangan Cintai Aku Apa Adanya, Tulus. Ia merilis single terbarunya bersama Petra Sihombing sebagai produser dan pengisi aransemen musik pada 21 Mei 2020.

Lagu yang berjdul Adapatasi ini memiliki pesan yang mendalam untuk para pendengarnya. Melalui lirik lagu ini, Tulus berpesan bahwa banyak hal positif yang dapat dipeljari dari keadaan saat ini. (ren)

Baca juga:

Marcello Tahitoe Ajak Musisi Tetap Produktif Di Tengah Pandemi COVID-19


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH