Teluk Kiluan, Tempat Lumba-Lumba Bercengkrama di Alam nan Cantik Tarian Limba-lumab di Teluk Kiluan. (Instagram/@backpekersbrayied)

DI ujung Pulau Sumatra yang hampir mencium Jawa, terdapat sebuah pulau kecil nan amat indah dengan bayak spot cantik. Teluk Kiluan namanya. Letaknya sekitar 80 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Tepatnya berada di Pantai Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Jika melancong ke sana, kamu akan disuguhi destinasi yang teramat cantik dan bahkan mencengangkan.

1. Melihat Tarian Lumba-Lumba

Tarian Limba-lumab di Teluk Kiluan. (Instagram/@hiroshisusilo.life)
Tarian lumba-lumba di Teluk Kiluan. (Instagram/@hiroshisusilo.life)

Sebelum sampai ke lokasi tujuan, kamu harus menyeberang. Perahu milik nelayan setempat bisa kamu sewa untuk ke sana. Dalam perjalanan menuju Teluk Kiluan, kamu sudah bisa menikmati suatu pemandangan cantik, yakni tarian lumba-lumba di laut lepas.

Banyak jenis lumba-lumba yang bisa kamu lihat di sini, mulai dari lumba-lumba hidung botol (Tursiops aduncus) hungga lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Jika beruntung, kamu bisa mengelus-elus punggung hewan cerdas itu dari atas perahu.

2. Berendam di Laguna Air Asin

Berswafoto dengan latar belakang Laguna. (Instagram/@dokterwisata)
Berswafoto dengan latar belakang Laguna. (Instagram/@dokterwisata)

Berwisata ke laut tak sempurna rasanya jika tak membasahi tubuh sejenak. Di Teluk Kiluan, ada sebuah laguna air asin yang amat jernih. Berendam di sana sangat cocok rasanya untuk menyegarkan diri setelah gerah melihat tarian lumba-lumba.

Bagi yang tak bisa berenang, jangan khawatir. Laguna ini juga bisa dijadikan latar cantik untuk berswafoto. Kamu bisa berpose apa saja di atas batu di laguna tersebut. Menyenangkan bukan?

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH