Berburu Nikmatnya Nasi Gandul Khas Semarang Nasi Gandul khas Semarang. (pinterest)

MerahPutih Kuliner - Nasi gandul atau Sego Gandul adalah masakan khas yang berasal dari daerah Pati, Jawa Tengah, Indonesia yang sepintas mirip dengan Semur Daging dan Gulai.

Akan tetapi, konon menurut cerita, daerah di Pati yang memopulerkan nasi gandul ini adalah desa Gajahmati (arah selatan teminal bus Pati), itulah sebabnya sering ditemui kata-kata Nasi Gandul Gajah Mati.

Walaupun pada akhirnya banyak ditemui penjual nasi gandul yang tidak berasal dari desa Gajahmati tetap menuliskan kata desa Gajahmati pada spanduk tempat makan mereka. Jika ditelusuri asal-usul pemberian nama nasi gandul, banyak versi yang mengemukakan tentang hal tersebut.

Cara penyajian nasi gandul ini tergolong unik, karena dalam penyajiannya piring dialasi dengan daun pisang. Makannya juga tidak menggunakan sendok, melainkan suru, yaitu daun pisang yang dipotong memanjang dan dilipat dua untuk digunakan sebagai penganti sendok. Namun biasanya para penjual nasi gandul tetap menyediakan sendok maupun garpu untuk persiapan apabila pembeli tidak dapat menggunakan suru.

Saat membeli nasi gandul biasanya hanya akan mendapatkan nasi putih ditambah kuah gandul dengan sedikit potongan daging sapi. Apabila lauk yang telah diberikan dianggap tidak cukup, pembeli dapat meminta tambahan lauk kepada penjual. Biasanya tambahan lauk yang tersedia pada nasi gandul adalah: tempe goreng, perkedel, telor bacem, daging sapi, dan jerohan sapi. Tambahan lauk ini dapat dipotong kecil-kecil sesuai dengan permintaan pembeli.

Jangan berkecil hati bila Anda belum pernah menikmati nasi gandul khas semarang ini. Karena Anda bisa membuatnya di rumah. Berikut resep lengkapnya:

Bahan yang dibutuhkan:

400 gr daging sapi
2 cm lengkuas
1700 ml santan
2 batang serai
1/2 sdt gula merah
2 cm lengkuas
1 sdt garam
2 lembar daun salam
5 sdm kecap
2 sdm minyak

Bumbu halus:

4 siung bawang putih
½ sdt jintan
½ sdt ketumbar
¼ sdt pala
3 butir kemiri
2 cm kencur
10 butir bawag merah
1/2 sdt merica

Cara pembuatan:

1. Langkah pertama adalah dengan cara memanaskan minyak terlebih dahulu untuk kemudian menumis bumbu halus, serai dan juga lengkuas hingga harum.
2. Selanjutnya, anda bisa memasukkan daging sapi dan aduk hingga warnanya berubah.
3. Lalu masukkan santan, kecap manis, garam dan juga gula merah lalu masak hingga matang.
4. Jika selesai, maka anda bisa menyajikan bumbu nasi gandul dengan nasi putih yang masih hangat.

 

BACA JUGA:

  1. Resep Spesial Klappertaart Asli Manado
  2. Cara Mudah Bikin Tahu Gimbal Khas Semarang
  3. Resep Ayam Tuturuga Asli Manado
  4. Nikmatnya Sate Padang, Kuliner Favorit Asli Sumatera Barat
  5. Resep Cakalang Bakar Rica Asli Manado

Tags Artikel Ini

Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH