Berburu Nasi Babi Guling saat Berlibur ke Bali, ini Rekomendasinya Bagi warga Bali, nasi babi guling merupakan menu favorit. (foto: Instagram @bali_diving)

SEBELUM nasi ayam jadi buruan pelancong di Bali, ada nasi babi guling yang terlebih dahulu jadi favorit warga lokal. Nasi campur nonhalal ini bisa jadi menu makan pagi, siang, bahkan makan malam. Kenapa? Karena enaknya hakiki banget.

Dalam seporsi nasi babi guling, akan tersaji nasi hangat pulen, lawar bali, kulit babi guling renyah, potongan daging babi, dan kerupuk babi renyah. Ada juga yang menambahkan satai dan be urutan, usus babi isi daging.

BACA JUGA: Wow! Makanan Tradisional Indonesia Berikut Punya Sejarah Unik

Menarik kan? Berikut Merahputih.com berikan rekomendasi warung nasi babi guling di Bali yang enaknya kebangetan.


1. Warung Men Repot

nasi babi guling men repot
Nasi babi guling Men Repot yang legendaris. (foto: Instagram @denpasarviral)

Sudah lama dikenal sebagai tempat makan nasi babi guling enak, Warung Men Repot cuma buka dari pagi sampai siang. Enggak mengherankan jika warung makan ini jadi tempat sarapan favorit warga Denpasar. Buka mulai pukul 07.00 Wita, warung ini tutup pukul 13.00. Jadi kalau mau icip-icip, pastikan datang pagi hari ya.

Bumbu nasi babi guling di tempat ini berasa Bali banget. Enggak mengherankan jika banyak orang rela antre di warung yang terletak di Jalan Noja I No 24, Kesiman Petilan, Denpasar Timur ini. Tempatnya memang enggak begitu luas.

Seporsi nasi babi guling di sini dibanderol Rp 25 ribu. Namun, porsinya cukup besar lo. Kalau mau porsi yang lebih kecil, bisa kok pesan porsi seharga Rp 15 ribu atau Rp 20 ribu. Isinya kulit babi guling, daging babi goreng, kerupuk babi, dan lawar.

2. Warung Handayani

babi guling handayani
Nasi babi guling Handayani disajikan bersama jeroan babi goreng.(foto: @kulkulbali.co)

Kulit babi guling di warung ini terbilang cukup renyah. Ditambah lagi, setiap porsi nasi babi guling di sini dilengkapi jeroan babi yang digoreng kering. Teksturnya renyah dan bikin makan makin ramai.

Seporsi nasi babi guling di warung ini berisikan kulit babi guling renyah, daging babi guling, satai ikan, lawar, dan kerupuk kulit babi. Semuanya disajikan bersama kuah sedap berbumbu bali. Nikmat.

Tak sulit menemukan warung ini. Kamu tinggal menyusuri Jalan By Pass Ngurah Rai. Warung ini terletak tak jauh dari traffic light jalan besar tersebut. Ada plang tanda warung yang cukup jelas terbaca. Tempat parkir dan ruang makannya juga cukup luas. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 Wita sampai 15.00.

3. Babi Guling Selingsing Bu Suci

nasi babi guling selingsing bu suci
Meskipun buka di jam yang enggak biasa, nasi babi guling Selingsing tetap dicari. (foto: Instagram @williamwongso)


Jika warung babi guling lainnya buka pagi sampai siang atau sore, warung ini buka tengah malam hingga pagi. Itulah mengapa butuh perjuangan buat menikmati enaknya nasi babi guling Selingsing ini.

Hal lain yang bikin beda, di tempat ini, babi guling dimasak secara tradisional. Bahkan, proses pembakaran juga memakai kayu bakar. Oleh karena itu, citarasanya juga bakal lebih terasa jika dibandingkan dengan tempat lain. Sebagai tambahan, babi yang dipanggang di warung tradisional ini sengaja merupakan babi berusia muda yang memiliki tekstur daging lebih lembut.

Yang lebih enak, kamu bisa mencicipi olahan daging babi secara langsung setelah selesai dimasak. Ini nih benar-benar menikmati babi guling fresh from the oven, berbeda dengan di tempat lain.

Dalam seporsi nasi babi guling, kamu akan mandapat potongan daging babi guling serta sayuran. Dijamin, kelezatan daging babi guling yang kamu rasakan bakal berbeda dengan warung babi guling lain. Pastikan kamu datang dan mencicipi babi guling di warung yang terletak di Jalan Desa Cepaka No 33, Cepaka, Kediri, Kabupaten Tabanan, ini.

4. Nasi Babi Guling Candra

nasi babbi guling candra
Nasi babi guling Candra, sajian enak di pusat Kota Denpasar. (foto: Instagram @babigulingcandra)

Di pusat Kota Denpasar, kamu juga bisa menemukan warung nasi babi guling yang nikmat. Buka mulai pukul 07.00 Wita, warung ini baru tutup pukul 22.00. Meskipun jam bukanya panjang, warung ini enggak pernah sepi lo.

Dalam satu paket nasi babi guling berisi satu porsi nasi, satu porsi berisi potongan babi guling serta dua tusuk satai babi, satu kuah babi guling, dan lawar.

Selain babi guling, warung yang terletak di Jalan Teuku Umar, Denpasar, ini juga menyediakan menu lain, seperti kuah kikil, ayam betutu, tum, dan lawar.

5. Babi Guling Karya Rebo

nasi babi guling karya rebo
Di daerah Kuta pun, warung nasi babi guling enak tetap ada. (foto: Instagram @babi_guling_karya_rebo)

Di daerah Kedonganan dan Kuta, selain deretan tempat makan boga bahari, kamu tak akan susah menemukan nasi babi guling yang enak. Ada warung nasi babi guling Karya Rebo. Tepatnya, warung ini berada di Jalan Toyaning 1, Kuta.

Keunggulan nasi babi guling di warung ini ialah rasa dagingnya yang enak dan renyah. Selain itu, kulit babi gulingnya juga crispy banget. Enggak alot. Jika nasi babi guling lain disajikan bersama satai lilit, yang ini disajikan bersama satai tusuk babi dengan potongan daging kotak-kotak. Enak.

Sudah pernah coba belum? Well, buat kamu yang enggak masalah makanan sajian nonhalal, silakan dicobain deh saat berkunjung ke Pulau Dewata. Dijamin, langsung nambah.(dwi)

BACA JUGA: Rempah Nikmat Kaya Manfaat



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH