'Berburu' Ikan Cupang Blue Rim, Avatar dan Red Golden di Lafa Betta Tangerang Red Golden yang dijual di Lafa Betta Tangerang. (Side.id/Hannalia Valentine)

MerahPutih.com - Memelihara ikan hias air tawar jadi hobi menyenangkan di masa pandemi COVID-19. Jenis yang paling populer sekarang adalah ikan cupang.

Ikan berlatin Betta itu merupakan ikan air tawar yang habitat aslinya di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, Thailand dan lain-lain. Bentuk fisik ikan cupang sendiri cukup mungil, beberapa di antaranya hanya sebesar ibu jari anak remaja.

Baca juga:

Lengkapi Koleksi dengan Lelang Cupang di Media Sosial

Salah satu penyedia ikan cupang di Tangerang Raya yang cukup populer adalah Lafa Betta.

Hobi ikan cupang
Lafa Betta, salah satu tempat untukmu yang hobi koleksi ikan cupang (Side.id/Hannalia Valentine)

Lafa Betta terletak di Jalan Tretes Raya Perum 2, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Sebagai tempat penjualan ikan cupang, tentunya Lafa Betta menyediakan berbagai jenis ikan cupang hias yang cantik.

Pemilik Lafa Betta Randhy Permana mengatakan, apa yang dijalaninya saat ini masih menjadi hobi. Pada awal percakapan, Randy bercerita nama Lafa Betta sendiri terinspirasi dari salah satu tempat di Bali.

"Ini sebenarnya masih merupakan hobi, jadi kalau laku yang Alhamdulillah, kalo nggak ya gue pelihara lagi," ujar Randhy saat ditemui Side.id (Merah Putih Media Grup) beberapa waktu lalu.

Lafa Betta menyediakan sekitar 20 jenis ikan cupang hias mulai dari harga Rp 50.000 hingga jutaan rupiah.

Randy menjelaskan, jenis ikan cupang hias yang menjadi andalan Lafa Betta adalah ikan cupang hias Avatar, Red Gold Dragon, Blue Panda. Sedangkan jenis Blue Rim menjadi best seller di Lafa Betta.

hobi ikan cupang
Jenis Blue Rim jadi favorit (Side.id/Hannalia Valentine)

Randhy menjelaskan, bahwa Blue Rim menjadi best seller dan favorit karena breeding-nya yang lumayan sulit dan genetiknya berasal dari Thailand. Harganya juga cukup tinggi jika dijual, yakni mencapai Rp 1.000.000 per ekor.

Selain itu, ikan cupang Blue Rim juga menjadi gengsi tersendiri, karena jenis tersebut termasuk kasta tertinggi di kelasnya.

Baca juga:

5 Istilah yang Harus Dipahami pada Lelang Ikan Cupang

Ikan cupang hias Avatar juga menjadi salah satu jenis yang tak boleh dilewatkan. Ikan ini merupakan hasil dari persilangan berbagai jenis ikan cupang, sehingga menghadirkan warna dan corak yang menarik.

Lalu, anakan ikan cupang yang ditetaskan oleh induknya sangat sedikit yang bisa bermutasi jadi Avatar. Maka dari itu, Avatar menjadi ikan cupang yang cukup diminati dan dibanderol mahal.

hobi ikan cupang
Ikan cupang tipe Avatar di Lafa Beta (Side.id/Hannalia Valentine)

"Perbedaan paling mencoloknya sih dari corak dan warna, kalau ikan aduan kan berwarna hitam, kalau ikan hias coraknya lebih berwarna dan bervariatif," tutur Randhy.

Ia juga menyatakan, ada beberapa orang yang memelihara ikan cupang aduan sebagai ikan hias karena suka dengan sifatnya.

Randhy juga menceritakan beberapa pelanggannya yang membeli ikan cupang untuk ditempatkan di aquascape agar semakin cantik, meskipun hanya ada satu ekor saja.

Ikan cupang yang tersedia di Lafa Betta pun diberi makan protein alami. Sebab, Lafa Betta menggunakan kutu air dan jentik nyamuk sebagai sumber pakan utamanya.

Bagi kamu yang ingin memelihara ikan cupang hias, Randhy memberikan tips mudah yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana cara merawat ikan cupang hias yang baik dan benar.

"Pertama sih harus suka dulu sama ikannya, terus kalau mau pakai air PAM airnya harus diendapkan dulu 2-3 hari, gunakan juga daun ketapang untuk menjaga pH air agar ikan cupangnya tidak stress, air bisa diganti seminggu sekali agar ikannya tidak terserang jamur," jelasnya.

Tidak hanya menjual langsung di tokonya, Lafa Betta juga melayani transaksi secara online dan akan dikirimkan menggunakan jasa kurir ke seluruh Indonesia dan internasional. Jika kamu tertarik, bisa mengunjungi akun Instagramnya di @lafabetta.

Baca juga:

Jepretan Ikan Cupang Memanjakan Mata, Begini Caranya

Kredit : thomaskukuh

Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH