Berbuka Puasa dengan Air Jahe Punya Banyak Manfaat Dahsyat Minum air Jahe disaat berbuka puasa punya banyak manfaat (Foto: pixabay)

WAKTU berbuka puasa merupakan yang paling ditunggu-tunggu di bulan ramadan. Karena usai menahan haus dan lapar sejak terbitnya matahari hingga waktu terbenamnya matahari disaat adzan magrib tiba, tentunya kamu tak sabar untuk menyantap hidangan yang ada.

Tapi disaat berbuka puasa, kamu jangan lantas kalap memakan apapun yang ada dihadapanmu. Agar puasa kamu berjalan dengan lancar dengan kesehatan tubuh kamu tetap terjaga, sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan tak berlebihan.

Nah, untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat selama berpuasa di bulan Ramadan, salah satunya dengan minum segelas air jahe hangat disaat berbuka puasa.

Baca Juga : Jangan Sampai Melewatkan Makan Sahur, ini Bahayanya bagi Tubuh

Karena Jahe dikenal dengan rempah yang sangat kaya akan antioksidan. Selain itu, seperti yang dilansir dari laman lifehack.org, Jahe juga bisa membantu mencegah peradangan dan bakteri penyebab penyakit ringan, seperti flu, demam ataupun sakit perut.

Berikut ini beberapa manfaat dahsyat dari meminum air jaeh disaat berbuka puasa.

1. Mengendalikan Nafsu Makan

Mengendalikan Nafsu Makan
Kendalikan nafsu makan kamu dengan air jahe (Foto: pixabay/rawpixel)

Air Jahe bisa bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan kamu, karena bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Jika kamu ingin menahan kalap saat berbuka puasa, cobalah minum segelas air jahe. Dengan begitu kamu dapat mengendalikan nafsu makan kamu.

2. Lancarkan Peredaran Darah

Lancarkan Peredaran Darah
Air Jahe bisa melancarkan peredaran darah (Foto: pixabay)

Tak banyak yang tahu jika Jaeh memiliki kandungan antioksidan yang bisa memperbaiki kerja jatung, serta melawan penyempitan arteri. Dengan minum segelas air jahe hangat, maka bisa membantu melancarkan peredaran darah.

Nah, jika meminum air jaeh usai kamu puasa seharian penuh. Peroses detoksifikasi yang terjadi dapat dimaksimalkan dengan cara meminum segelas air jahe disaat buka puasa.

Baca Juga : Manfaat Jahe untuk Kamu Yang Ingin Diet

3. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Air Jahe bisa cegah bakteri dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh (foto: pixabay/qimono)

Cuaca yang kurang bersahabat dan tak menentu, kerap kali membuat kondisi tubuh seseorang mudah sakit. Guna menjaga kekebalan tubuh kamu di bulan puasa, kamu bisa mencoba minum air jahe hangat pada saat berbuka puasa.

Karena Jahe mempunyai kandungan yang dapat membersihkan sistem limpa, membunuh bakteri dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Karena itu, kekebalan tubuh kamu dapat meningkat dan tak mudah sakit.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengatasi Gangguan Pencernaan
Air Jahe bisa membantu mengatasi gangguan dan masalah pencernaan (Foto: pixabay/derneuemann)

Biasanya susah buang air besar lantaran kurang konsumsi serat di bulan puasa kerap terjadi. Atau perut kembung karena pola makan kamu yang salah disaat sahur. Jika demikian, atasilah dengan segelas air jahe hangat diwaktu kamu berbuka puasa.

Baca juga: Ajaib! Ternyata Deretan Makanan Ini Bisa Tingkatan Kesehatan dan Kekuatan Otak

Usai minum segelas air jahe hangat, dalam waktu beberapa menit kondisi perut kamu biasanya akan membaik. Karena jahe dapat membantu merilekskan usus dalam perut kamu, hingga bisa membantu mengatasi gangguan atau masalah pencernaan.

Nah itu dia guys beberapa manfaat meminum air jahe disaat berrbuka puasa. Semoga bermanfaat! (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH