Berbeda Soekarno - Nasser, Jokowi - Al Sisi Bentuk Blok Islam Moderat

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 05 September 2015
Berbeda Soekarno - Nasser, Jokowi - Al Sisi Bentuk Blok Islam Moderat
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/nz/15

MerahPutih Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa kerja sama Republik Indonesia dengan Mesir saat ini, kerja sama pemerintah Presiden Jokowi dengan Presiden Mesir Abdul Fatah As-sisi (Al Sisi),  adalah untuk membangun blok Islam moderat.

Indonesia pada masa pemerintah Soekarno menjalin kerja sama erat dengan pemerintah Mesir. Pada masa itu, Presiden Soekarno membentuk blok antikolonialisme bersama Gamal Abdul Nasser untuk menghilangkan penjajahan di Asia dan Afrika.

“Soekarno-RI & Nasser-Mesir dulu membangun blok antikolonialisme, saya & Al Sisi membangun blok Islam moderat –Jkw,” kata Presiden Jokowi dalam cuitan Twitter, @jokowi, hari ini (5/9).

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam kunjungan Presiden Mesir Abdul Fatah As-sisi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (4/9), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Mesir ingin belajar cara mengembangkan demokrasi dari Indonesia. Pada pertemuan tersebut, Presiden Mesir menilai jika Indonesia merupakan negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, dan sekaligus negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Saat melakukan keterangan pers bersama Presiden Mesir Abdul Fatah Al-Sisi, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (4/9) petang, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa kedua negara telah bertukar pikiran untuk memajukan demokrasi dan Islam yang rahmatan lil alamin.

Kami bertukar pikiran mengenai memajukan demokrasi dan Islam yang rahmatan lil alamin, termasuk di dalamnya kami juga berbicara masalah yang berkaitan dengan radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme,” kata Presiden Jokowi dilansir setkab.go.id.

 

Baca Juga:

 

Kerjasama Indonesia - Mesir

Mesir Belajar Demokrasi dari Indonesia

Lebih dari 100 Warga Mesir Tewas Akibat Gelombang Panas

Mesir Perluas Zona Penyangga di Jalur Gaza

 

#Kerjasama Antarnegara #Presiden Jokowi #Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan