Berbalas Pesan Di Whatsapp Tanpa Mengetik dengan Fitur Ini Pengguna tidak lagi memerlukan kibor (Foto:dailysocial)

WHATSAPP selalu memiliki fitur yang menarik. Seperti diketahui dengan adanya miliaran pengguna di seluruh dunia, aplikasi berbalas chat ini selalu memiliki fitur-fitur segar. Tentu hal tersebut demi memberikan kenyamanan dan kepuasan terhadap para pengguna.

Fitur WhatsApp ini mirip sekali dengan 'Ok Google'. Ya, 'Ok Google' merupakan layanan dari Google yang membuat kamu mudah untuk Googling tanpa harus mengetik kata kunci melalui kolom search engine. Cukup dengan mengucapkan kata-kata, ucapan kamu langsung dipindai menjadi sebuah teks.

Nah, Kali ini WhatsApp memiliki fitur yang diadopsi dari 'Ok Google'. Fitur yang satu ini memudahkan kamu untuk mengirim pesan. Kamu hanya perlu merekam suara untuk dipindai menjadi sebuah teks. Kamu tidak perlu lagi susah-susah mengetik melalui keypad.

Ucapan kamu langsung terpindai (Foto: gadgets.ndtv)

Tujuan fitur ini bukan hanya untuk kamu yang malas mengetik. Kamu yang sering mengemudi juga sangat direkomendasikan menggunakan fitur ini. Sehingga kamu tidak perlu menepi hanya untuk menulis pesan singkat. Apalagi mengetik sambil nyetir itu akan sangat berbahaya. Sedetik saja lengah kamu bisa celaka.

Memang sih, kamu yang punya pacar pasti lebih suka menggunakan voice call atau video call langsung. Tapi kan mengetik pesan memiliki sensasi sendiri. Kamu bisa penasaran dengan balasan chat apa yang kamu dapat dari dia. Deg-degan senang gitu deh.

Selain itu, tidak jarang juga nih teks yang dihasilkan fitur ini typo. Penyebabnya karena tidak menggunakan bahasa formal. Maksudnya, kamu bisa memindai suara apapun asalkan menggunakan bahasa yang formal. Kalau menggunakan bahasa daerah transkripnya akan aneh, bahkan sangat nyeleneh. Kalau sudah begini kamu harus mengetik ulang.

(Foto: howhacks.wordpress)

Yang penting jangan lupa ya mengatur pilihan bahasanya. Kalau pengaturannya bahasa Inggris, tentu ucapakan kamu akan menjadi teks yang menyerupai kata dalam bahasa Inggris. Cukup mengatur bahasanya di menu pengaturan.

Namun, sayang banget nih, jarang pengguna WhatsApp tahu fitur ini. Pasalnya, fitur ini hadir dalam sebuah bentuk mikrofon yang terletak berbeda di masing-masing ponsel. Sehingga jarang banget pengguna menemukan fitur tersebut. Padahal bakal membuat kegiatan chat lebih praktis.

Menggunakannya juga tidak rumit. Cukup menekan mikrofon tersebut dengan cara menahannya sebentar, sampai terlihat tampilan seperti perekam suara. Baru deh, kamu tinggal berbicara semau kamu. Tapi pelan-pelan ya agar sensor suara dapat menangkap semua ucapan kamu. Intinya mudah banget kan?

Kekurangan memang masih ada di fitur ini. Tapi gak ada salahnya kan kalau kamu mencobanya. Bahkan bukan cuma untuk chat personal saja lo. Kamu yang sering eksis di grup WhatsApp, juga bisa mengandalkan fitur ini untuk saling berbalas seru di grup. (Ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini WhatsApp Tak Bisa Lagi Digunakan pada Beberapa Smartphone

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH