Berbahayanya Menonton TV Seharian, Mengganggu Gerak Anda

P Suryo RP Suryo R - Senin, 04 September 2017
Berbahayanya Menonton TV Seharian, Mengganggu Gerak Anda
Duduk terlalu lama dapat membuat cidera tubuh bagian bawah. (Foto: the conversation)

UMUMNYA orang tak menyadari bahayanya menonton televisi seharian. Padahal duduk seharian dapat mengganggu pergerakan tubuh Anda. Mungkin tidak akan terasa pada waktu dekat, namun para ahli membeberkan hal itu sangatlah berbahaya.

Laman mirror.co.uk menuliskan sebuah penelitian 10 tahun atas sekelompok orang berumur 50 - 71 tahun. Duduk seharian menonton televisi, atau hanya sekedar duduk saja dalam jangka waktu yang lama dapat membuat tubuh bagian bawah menjadi cidera.

Menonton televisi selama 5 jam memiliki risiko 65% lebih berat pada kemampuan gerak bagian bawah. Sedangkan yang hanya menghabiskan waktu selama dua jam, masih memiliki kemampuan gerak yang baik. Meskipun demikian ada partisipan yang hanya menonton televisi selama tiga jam seminggu, tapi tidak melakukan kegiatan fisik, memberikan hasil yang lebih parah terhadap kemampuan gerak tubuh bagian bawah.

Seperti yang dijelaskan oleh Profesor Loretta DiPietro dari George Washington University, bahwa para manula harus tetap berjalan dan jangan kebanyakan hanya duduk. Iapun memberikan saran jangan terlalu lama menonton televisi, khususnya di sore hari.

Dr James Brown dari Aston University, menjelaskan bahwa semakin menua tubuh, orang cenderung untuk malas bergerak. PAdahal tubuh harus bergerak agar otot tetap lentur. Bahkan saat ini ada kecenderungan orang di usia paruh baya tidak pernah mau berjalan selama 10 menit saja sehari.

PAdahal dengan berjalan kaki selama 10 menit setiap hari dapat membantu tubuh tetap dalam kondisi baik. Tak hanya baik untuk otot saja tapi juga untuk kesehatan kardiovaskular. (psr)

#Cidera Tubuh #Tubuh Bagian Bawah
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan