Berbahagialah, 5 Tanda ini Pertanda Kamu Berada di Hubungan yang Benar 5 tanda kamu dan pasanganmu memiliki hubungan yang benar. (Foto: pixabay/5688709)

MENENTUKAN pasangan hidup bukanlah hal yang mudah dan sepele. Apakah dia seseorang yang tepat untukmu? Apakah dia akan selalu tertarik hanya kepadamu sampai seumur hidupnya?

1001 pertanyaan akan muncul, namun itu bukanlah suatu kesalahan. Untuk mengurangi pertanyaan-pertanyaan yang ada, yuk cek tanda-tanda dibawah ini untuk mengetahui apakah hubungan yang sekarang sedang kamu jalani merupakan hubungan yang tepat dan berakhir dengan pernikahan.

1. Kepribadian yang cocok

Berbahagialah, 5 Tanda ini Pertanda Kamu Berada di Hubungan yang Benar
Kecocokan personalitas merupakan kunci. (Foto: pixabay/olessya)

Kecocokan menjadi hal yang paling penting jika kamu ingin meningkatkan level hubungan ke jenjang yang lebih serius. Kamu dan pasanganmu harus memiliki personalitas yang seimbang agar kalian berdua bisa memiliki hubungan yang awet dan langgeng.

Saling mengimbangi dan mengkompromi satu sama lain bisa menjadi salah satu tanda bahwa dia merupakan sosok yang tepat untuk kamu.

2. Kesepakatan dalam masalah keuangan

Berbahagialah, 5 Tanda ini Pertanda Kamu Berada di Hubungan yang Benar
Keuangan merupakan hal yang penting dalam pernikahan. (Foto: pixabay/nattanan23)

Jika kalian sudah membahas tentang keuangan dan memiliki kesepakatan bersama, maka kalian telah memiliki hubungan yang cukup dewasa.

Uang merupakan masalah terbesar ketika kalian sudah berkeluarga. Mulai dari siapa yang akan bekerja, bagaimana pembagian pengeluaran rumah tangga, siapa yang akan membayar kebutuhan pangan sehari-hari, sampai kepada siapa yang akan memegang keuangan.

Semua hal itu menjadi penting dan harus didiskusikan sebelum melangkah ke tahap yang lebih serius.

3. Hubungan baik antar keluarga masing-masing

Berbahagialah, 5 Tanda ini Pertanda Kamu Berada di Hubungan yang Benar
Hubungan baik dengan keluarga pasangan bisa membuat kamu semakin mengenal pasanganmu. (Foto: pixabay/JUrban)

Tentunya ini menjadi salah satu hal terpenting dalam suatu hubungan, apalagi mengingat budaya timur yang masih melekat di masyarakat Indonesia.

Selain untuk kepentingan silaturahmi, hubungan baik dengan keluarga pasangan juga bisa membuat kamu lebih mengenal kepribadian pasanganmu.

4. Bisa mengomunikasikan masalah

Berbahagialah, 5 Tanda ini Pertanda Kamu Berada di Hubungan yang Benar
Mengkomunikasikan masalah dalam hubungan sangatlah penting. (Foto: pixabay/geralt)

Konflik bisa saja terjadi, meskipun di pernikahan terbaik sekalipun. Konflik bukanlah hal yang harus dihindari, malah, hal yang penting adalah bagaimana kamu bisa mengelola sebuah masalah.

Selain begitu, kamu juga harus memahami bagaimana cara pasanganmu menghadapi sebuah konflik. Apakah dengan silent treatment, menghindar, ngomel-ngomel, atau duduk untuk berdiskusi bersama, jenis-jenis pasanganmu menghadapi konflik harus kamu pahami agar bisa membuat hubungan semakin langgeng.

5. Masih memiliki hubungan yang hangat

Berbahagialah, 5 Tanda ini Pertanda Kamu Berada di Hubungan yang Benar
Hubungan yang terus hangat meskipun sudah lama bersama bisa menjadi tanda. (Foto: pixabay/5688709)

Jatuh cinta merupakan hal yang indah, apalagi jika masih baru. Awal-awal suatu hubungan bisa menjadi sesuatu hal yang sangat manis dan menyenangkan. Semua hal terasa baru dan segar. Misteri masih menyelimuti sosok pasanganmu, sehingga hubungan kalian masih dihantui rasa penasaran yang tinggi.

Menanggapi hal itu, kalian berdua akan lebih sering rindu dan ingin bertemu. Namun nampaknya kemanisan cinta hanya terjadi di awal saja, sebelum dikalahkan rasa penat dan hilangnya rasa penasaran antar pasangan.

Kamu bisa saja mencintai seseorang karena fisiknya yang baik, atau karena sifatnya yang penyayang, atau karena kamu hanya kesepian, atau hanya karena pasanganmu memberikan kepuasan seksual.

Jangan terkecoh akan sesuatu hal yang tidak everlasting, dan pikirkan baik-baik apakah spark ini akan terus ada sampai sepanjang hidup kalian?

Jika kamu telah bersama dalam waktu yang lama, namun segala hal masih terasa hangat seperti pertama kali bertemu, maka mungkin saja kamu dan dia memiliki hubungan yang tepat. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH