Berbagai Tips untuk Melunakan Daging Kurban Sebelum Dimasak

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 31 Agustus 2017
Berbagai Tips untuk Melunakan Daging Kurban Sebelum Dimasak
Daging sapi (Pixabay.com)

BESOK, Jumat (1/8) menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Pasalnya, hari itu bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha atau banyak juga orang yang menyebutnya dengan hari raya kurban. Alhasil pesta daging kurban pun ada di mana-mana.

Banyak orang yang sibuk bagaimana cara mengolah daging kurban seperti sate, sup, gulai dan yang lainnya. Meski demikian banyak yang mengeluh karena daging kurban tetap keras walaupun sudah diolah menjadi berbagai makanan.

Chef Haryo Pramoe, mengatakan kerasnya daging hewan-hewan kurban adalah sangat wajar. Hal ini lantaran hewan-hewan yang dikurbankan mengalami proses rigor mortis.

"Semua hewan yang dipotong itu mengalami masa rigor mortis atau kematian yang tegang. Di sana membuat otot kambing atau sapi menjadi tegang," ucap Chef Haryo kepada MerahPutih.com

(Pixabay)

Pria yang kerap menjadi host acara memasak di berbagai stasiun televisi ini menambahkan untuk menghilangkan rigor mortis pada hewan kurban maka seseorang bisa melakukan melakukan proses aging atau pelemasan. Salah satunya dengan menggantung daging selama waktu tertentu.

"Digantung itu ada maknanya agar otot yang tegang tadi yang mengalami rigor mortis dia akan melemah atau lemas," terangnya.

Selain digantung, daging juga bisa dilemaskan dengan membungkusnya dengan daun pepaya. Chef Haryo mengatakan daun pepaya memiliki enzim papain yang mampu melunakan daging. Ada pula bubuk papain yang dijual di pasaran sebagai ganti daun pepaya.

"Ketiga penggunaan baking soda. Satu kilo daging menggunakan seujung sendok teh, didiamkan selama sehari, nanti dagingnya menjadi empuk," lanjut pria penghobi motor itu.

Keempat adalah memakai palu atau alat pencucuk daging. Daging akan dipukul atau ditusuk-tusuk agar menjadi lunak. Ada juga yang menggunakan cuka atau lemon untuk melukanan daging. (*)

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Ini Alasan Kenapa Usia Hewan Menjadi Syarat untuk Berkurban

#Tips Masak #Daging
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan