Berbagai Manfaat Ajari Anak Bahasa Asing Sejak Dini Ilustrasi Ibu dan Anak (Foto: pixabay/syzmonpacek)

TAK banyak yang tahu jika mengajarkan bahasa asing pada anak sejak dini ternyata dapat membuat sang buah hati menjadi sosok yang lebih cerdas. Hal itu sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Seattle, Washington.

Seperti yang dilansir dari dailymail, para peneliti mengekukakan jika dengan mengajarkan serta menerapkan penggunaan dua bahasa atau lebih pada anak sejak ia berusia 11 bulan, terbukti dapat merangsang salah satu bagian otaknya, yang berpengaruh terhadap kecerdasan kognitif, problem solving serta memori. selain itu banyak juga manfaat yang lainnya.

Nah, Berikut ini adalah manfaat mengajarkan bahasa asing pada anak.

1. Mempertajam otak

Menurut beberapa penelitian, membuktikan bahwa seorang anak yang telah menguasai bahasa asing, memiliki otak yang lebih cerdas dan juga kritis, hingga mampu menyelesaikan persoalan yang rumit. Slain itu, manfaat lainnya dari kemampuan tersebut juga bisa terus dirasakan oleh sang anak hingga dirinya tua nanti. Hal tersebut berkaitan dengan terjaganya fungsi otak frontal, alhasil sang anak akan terhindar dari penyakit pikun dan Alzheimer.

2. Melatih Inhibitory Control

Inhibitory control merupakan kemampuan otak untuk mengendalikan tingkat fokus dan juga perilaku harian. Tapi jarang yang tau jika dengan mengajarkan anak bahasa asing atau dua bahasa sejak dini, kamu telah merangsang perkembangan inhibitory control si kecil. Hal itu lantaran fungsi otak eksekutif yang bertanggung jawab atas fungsi stimulus tadi bekerja saat anak memutuskan untuk menggunakan salah satu bahasa yang dikuasainya.

(Foto: pixabay/libellule789)

3. Keunggulan Kognitif

Kemampuan ini merupakan kemampuan seseorang dalam memproses serta memahami hal-hal yang sifatnya faktual serta rasional. Tapi jangan salah, lantaran kegiatan berpikir ini juga membutuhkan kelenturan serta kekuatan otot, seperti halnya ketika kita berolahraga. yang menjadi pembeda ialah pada kemampuan kognitif, dimana otot yang banyak bekerja merupakan otot otak. Jadi dengan mempelajari bahasa asing sejak kecil, otot-otot otak si kecil akan melentur serta terus berkembang, hal itu berdampak dengan si kecil dapat mengolah materi verbal ataupun visual lebih baik daripada mereka yang menguasai hanya satu bahasa.

4. Menumbuhkan Rasa Kepercayaan diri

Anak yang dapat berbicara lebih dari satu bahasa dipercaya memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi ketimbang dengan anak yang hanya berbicara satu bahaa saja. Hal ini disebabkan mereka tak memiliki batasan untuk memahami berbagai hal yang disampaikan dalam bahasa asing.

5. Anak Menjadi Lebih Cerdas

Dengan menguasai bahas asing, wawasan sang akan akan meningkat, karena dia mampu memahami serta mengakses berbagai pengetahuan dari banyak sumber yang mendunia. Hal itulah yang membuatnya akan tumbuh menjadi sosok yang berpikir kritis dan siap untuk menghadapi persaingan global dimasa depan. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Deretan WAGs Terpanas Timnas Prancis di Piala Dunia 2018

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH