Berbagai Makna Cinta dalam Buket Bunga Buket bunga mengungkapkan berbagai makna.(Foto: Unsplash/Allie Smith)

DI film Spiderman 2 (2004), Peter Parker (Tobey Maguire) tidak sabar untuk menemui Mary Jane (Kirsten Dunst) saat pementasan drama. Peter sudah rapi dengan setelan jas hitam satu-satunya yang menggantung di lemari pakaiannya. Dengan tampil seadanya, ia menaiki skuter listrik butut kesayangannya untuk pergi menonton penampilan teater Mary Jane.

Sebelum menuju Broadway Theatre, tidak lupa fotografer lepas Daily Bugle itu mampir ke toko bunga. Dia membeli buket bunga untuk sang cinta sejati. Sayang, Peter hanya bisa membelikan beberapa tangkai bunga. Maklum, gaji Peter pas-pasan sebagai seorang pekerja lepas yang masih sibuk kuliah.

BACA JUGA: Mitos Bunga, dari Pengusir Roh Jahat Sampai Pembawa Sial

Alangkah malangnya Peter malam itu. Ia akhirnya tidak jadi bertemu dengan Mary Jane. Seperti biasa, Peter malah melawan kejahatan sebagai Spiderman. Di tengah perjalanan, ia menangkap perampok hingga membuatnya terlambat datang menonton penampilan tetangganya semasa SMA itu. Buket bunga sederhana itu pun tidak jadi ia berikan kepada mantan pacar Flash Thompson itu.

buket bunga
Vonny Fransisca Hermawan Lo. (foto: MP/Rizki Fitrianto)

Seperti Peter, kebanyakan pria bahkan perempuan kerap mengungkapkan perasaan kepada orang yang mereka sayang melalui bunga. Ada yang hanya memberikan satu tangkai bunga, dan ada yang memberikan bunga dalam bentuk buket. Bunga memang memiliki penuh makna, terutama untuk mengungkapkan rasa kasih sayang. Walaupun demikian, ada juga bunga yang memiliki makna kematian seperti bunga sedap malam.

Pemilik Anni Cafe Des Fleurs, Vonny Fransisca Hermawan Lo, mengatakan bunga berfungsi mengungkapkan berbagai perasaan seseorang. "Bunga bisa mengungkapkan kesedihan, belasungkawa, tidak hanya cinta. Intinya, bunga mewakili hati," ujarnya kepada Merahputih.com di Anni Cafe Des Fleurs, JHL Solitaire, Gading Serpong, Senin (4/11).

Ada banyak jenis bunga, kata Vonny, yang bisa mengungkapkan rasa cinta. Misalnya bunga mawar merah. Tidak hanya untuk diberikan kepada kekasih, pada acara lamaran pun bunga mawar merah menjadi pilihan favorit para calon mempelai. Bunga mawar merah juga memiliki makna mengungkapkan rasa terima kasih kepada seseorang.

Bunga lain yang melambangkan cinta ialah peony. Karena memiliki makna di urusan cinta, kemakmuran, dan kebahagiaan, bunga ini sering digunakan di dalam upacara pernikahan dalam bentuk buket. Jenis bunga lain, seperti tulip, dan pastinya mawar, juga dapat ditemui di banyak acara pernikahan. Bagi pasangan yang ingin setia satu sama lain, kata Vonny, bunga anggrek bisa mewakili perasaan itu. "Anggrek itu kasih sayang murni dan ketulusan," tutur Vonny.

buket bunga
Satu buket terdiri dari 30-40 tangkai bunga. (foto: Unsplash/Meghan Schiereck)

Berkaca dari pengalaman Peter yang cuma bisa memberikan beberapa tangkai bunga kepada Mary Jane, Vonny menyebut sebenarnya itu boleh-boleh saja. Namun, ia menyarankan setidaknya buket bunga akan menjadi sangat cantik dengan menggunakan 30-40 tangkai bunga. Lewat buket bunga, kamu bisa mencampur beberapa jenis bunga dalam satu rangkaian. "Buket yang terdiri dari satu jenis bunga melambangkan kesederhanaan. Lebih daripada satu jenis melambangkan kemewahan," ujarnya.

Menurut Vonny, warna juga bisa memengaruhi kepada siapa bunga itu diberikan. Misalnya perempuan yang ingin memberikan bunga kepada pasangannya, Vonny menyarankan menggunakan bunga berwarna biru atau putih untuk mengungkapkan rasa cinta.

buket bunga
Banyak pelanggan yang menggunakan mawar merah untuk ungakapan cinta. (foto: MP/Rizki Fitrianto)

Dil ain hal, pria yang ingin mengungkapkan rasa cinta kepada sang pujaan hati menggunakan bunga bisa memilih bunga berwarna merah dan pink. Namun, kalau kamu tidak mau pusing, mawar merah akan selalu menjadi bunga bermakna cinta sepanjang masa untuk siapa pun. "Seperti pelanggan kami, masih banyak yang meminta bunga mawar merah," paparnya.

Lain yang kasmaran, lain lagi buat yang tengah cemburu. Kamu yang cemburuan juga bisa mengungkapkan perasaan melalui bunga. Ada satu bunga yang bisa mewakili panasnya api cemburu di dalam hatimu. "Mawar kuning akan mengungkapkan rasa cemburu," tukasnya.

Nah, bagaimana Sahabat Merah Putih, bunga apa nih yang pas kamu berikan kepada dia?(ikh)

BACA JUGA: Bunga-Bunga Ini Digunakan Sebagai Simbol Duka Cita

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH