Berbagai Kuliner Tempo Dulu Bakal Tersaji di SICF 2018 Ilustrasi (FOTO/Antara/Budi Candra Setya)

PERHELATAN Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) 2018, tampaknya lebih mengeksplore kuliner-kuliner tempo dahulu. Hal ini dilakukan, mengingat saat ini sudah sangat jarang makanan tradisional tempo dulu dijumpai.

Beberapa makanan tradisional, sebut saja sate kere, gandhos, dan masih banyak lagi, bisa di jumpai di kawasan halaman parkir Stadion Manahan Solo, Kamis-Minggu (12-15/4). Selain itu juga akan di tampilkan dapur tempo dahulu. Dengan adanya hal tersebut, diharapkan mampu menjadi sarana edukasi bagi masyarakat.

”Nanti juga akan ada cara masak makanan tempo dahulu, misalnya cara membuat sate kere seperti apa dan makanan lainnya,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo Hasta Gunawan, kepada wartawan, Rabu (11/4) siang.

Ajang ini sendiri mayoritas diikuti oleh UMKM yang ada di Kota Bengawan. Mereka nantinya juga akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan, seperti lomba menghias tumpeng dan lainnya. Tak hanya itu saja, disana juga akan ada Festival Sate Kere, tengkleng dan nasi liwet. Dimana nantinya akan dibagikan kepada warga masyarakat.

Terpisah Ketua Panitia SICF 2018 Daryono berharap, melalui ajang ini kuliner khas tempo dahulu kembali muncul, ditengah maraknya masakan modern.

”Kota Solo kaya akan kulinernya, sehingga melalui ajang ini semakin mempertegas jika predikat kota Solo selain kota budaya, juga kota kuliner,” terang dia. (Win)

Artikel ini berdasarkan liputan Win, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah Solo, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Tips 3 Cara Megatur Keuangan, dan Lupakan Istilah Tanggal Tua


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH