Berbagai Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Bafta Film Awads 2019 Bafta Film Awards merupakan salah satu ajang penghargaan paling bergengsi untuk dunia perfilman (foto: deadline.com)

BERLANGSUNG pada tanggal yang sama dengan Grammy Awards 2019 di Los Angeles Amerika, ajang British Academy Film Awards 2019 (Bafta) digelar di Ibu Kota Inggris, London.

Pada 10 Februari kita akan menjadi saksi di mana bintang-bintang besar dalam dunia perfilman menghadiri salah satu ajang penghargaan bergengsi yang mengapresiasi industri perfilman.

Berikut terangkum berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang Bafta Film Awards 2019.

1. Di mana, kapan, dan siapa yang akan memandu Bafta Film Awards 2019?

Penghargaan Film Bafta 2019
Joana Lumley menjadi host Bafta Film Awards 2019 (foto: independent.co.uk)

Tahun ini, ajang penghargaan tersebut akan berlangsung di Royal Albert Hall yang terletak di Kota London.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Bafta Film Awards 2019 akan berlangsung pada 10 Februari pukul tujuh malam waktu setempat.

Aktris legendaris Inggris, Joanna Lumley, akan kembali menjadi pemandu ajang penghargaan ini. Sebagaimana di tahun sebelumnya ia juga memandu ajang tersebut.

Sederet nama besar juga akan ambil bagian sebagai presenter penghargaan, diantaranya Andy Serkis, Bill Nighy, Cate Blanchett, Elanor Tomlinson, Lily Collins, Richard Madden, Riz Ahmed, dan Taron Egerton.

2. Siapa saja yang masuk nominasi top Bafta Film Awards 2019 dan siapa yang diprediksi memenangkan penghargaan?

Penghargaan Film Bafta 2019
Aktris, aktor, dan film terbaik yang masuk dalam nominasi (foto: radiotimes.com)

Film The Favourite menjadi film yang paling banyak dinominasikan dalam ajang penghargaan ini, dengan total 12 nominasi untuk berbagai kategori.

Aktris Olivia Coleman (The Favourite) masuk dalam daftar nominasi untuk kategori Best Leading Actress pada Bafta Film Awards 2019.

Coleman yang baru pertamakali masuk dalam nominasi bafta, akan bersaing ketat dengan Lady Gaga (A Star is Born) dan beberapa nama lain dalam kategori ini.

Untuk kategori Best Leading Actor, Rami Malek (Bohemian Rhapsody) akan medapat persaingan ketat dari Bradley Cooper (A Star is Born) dan Christian Bale (Vice).

Bale masuk nominasi tersebut atas keberhasilannya yang banyak dipuji kritikus film secara penampilan, dengan berperan sebagai mantan presiden Amerika, Dick Cheney.

Sementara untuk kategori yang paling dinanti di Bafta Film Awards 2019, Best Film, diantaranya film BlacKkKlansman, Roma, A Star is Born, The Favourite, dan Green Book masuk dalam nominasi untuk kategori ini.

Film Green Book diprediksi akan memenangkan kategori Best Film pada Bafta Film Awards 2019.

Film yang berlatar tahun 60an itu, mengangkat kisah seorang musisi kulit hitam yang mempekerjakan seorang supir kulit putih untuk mengatarkannya ke Selatan Amerika.

Green Book sudah memenangkan tiga penghargaan di ajang Golden Globes Award 2019 pada 7 Januari lalu. Film yang sarat isu rasial ini mendapatkan banyak komentar positif dari para kritikus.

3. Siapa yang akan menghadiri Bafta Film Awards 2019?

Penghargaan Film Bafta 2019
Pangeran William dan istri akan hadir di Bafta Film Awards 2019 (foto: emirates247.com)

Tamu kehormatan yang pasti datang adalah The Duke and Duchess of Cambridge, sebagaimana Pangeran William adalah Presiden Bafta. Sejak tahun 2010 putra sulung dari Putri Diana tersebut telah mendukung ajang penghargaan tersebut.

Tamu lainnya yakni para nominee yang namanya masuk dalam kategori Bafta Film Awards 2019. Diantaranya Adam Driver, Alfonso Cuaron, Bradley Cooper, Christian Bale, Claire Foy, Glen Close, Lititia Wright, Margot Robbie, Olivia Coleman, Peter Jackson, Rami Malek, Timothee Chalamet, dan masih banyak lagi. (ADP)



Ananda Dimas Prasetya