Berbagai Fasilitas Bandara Sudah Siap Layani Peserta ASEAN Para Games 2022

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 25 Juli 2022
Berbagai Fasilitas Bandara Sudah Siap Layani Peserta ASEAN Para Games 2022
Sejumlah atlet Asean Para Games 2022 memasuki kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (24/7). (AP II)

MerahPutih.com - Delegasi peserta ASEAN Para Games 2022 yang akan digelar di Surakarta, Jawa Tengah, pada 30 Juli - 6 Agustus 2022, mulai berdatangan ke Indonesia.

PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, menyambut kedatangan atlet dan official peserta ASEAN Para Games 2022.

Baca Juga:

Ribuan Warga Solo Sambut Kirab Obor ASEAN Para Games

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan Bandara Soekarno-Hatta tengah melakukan penyambutan dua kegiatan internasional di Indonesia, yakni delegasi untuk rangkaian kegiatan G20 dan peserta ASEAN Para Games 2022.

Ia memaparkan, salam menyambut kedatangan atlet dan ofisial peserta ASEAN Para Games 2022, AP II telah berkoordinasi dengan berbagai pihak khususnya Indonesia National Paralympic Organization Committee (INASPOC) guna memastikan kedatangan para atlet dan ofisial berjalan lancar.

Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara transit, untuk kemudian atlet dan ofisial melanjutkan perjalanan ke Surakarta. Bandara Soekarno-Hatta memberikan hospitality Indonesia untuk memberikan kesan positif bagi atlet dan official ketika tiba di Tanah Air.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan asistensi dan fasilitas disiapkan untuk menyambut atlet dan ofisial pada 19 - 30 Juli 2022. Hingga saat ini, sudah tiba sekitar 100 atlet dan official peserta ASEAN Para Games 2022.

Alur kedatangan internasional bagi atlet dan ofisial adalah setelah memproses protokol/ketentuan kesehatan serta keimigrasian dan Bea Cukai, atlet dan ofisial kemudian akan mendapatkan asistensi untuk transit menuju Terminal 1, Terminal 2, atau Terminal 3 untuk kemudian melanjutkan penerbangan ke Surakarta.

Seluruh fasilitas juga dipastikan siap, antara lain bus berlantai rendah (lowdeck) di sisi udara yang ramah bagi pengguna kursi roda, lalu fast lane untuk difable di titik security check point (SCP), priority seat di setiap gate keberangkatan, lift bagi difable, tangga bagi difable, toilet bagi difable, serta golf car dan fasilitas-fasilitas lainnya.

"Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga menyiapkan personel khusus untuk mendukung INASPOC," ujar Agus Haryadi.

Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu bandara dengan fasilitas disabilitas terlengkap. Layanan disabilitas yang terdapat di bandara-bandara AP II merujuk pada PM Nomor 98 Tahun 2017 tentang Penyediaan Aksesibilitas Pada Pelayanan Jasa Transportasi Publik Bagi Pengguna Jasa Berkebutuhan Khusus.

AP II turut menyosialisasikan dan memeriahkan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 dengan menayangkan beragam konten terkait event tersebut di digital media (digital banner dan video) yang ada di terminal penumpang (Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3). (Asp)

Baca Juga:

Torch Relay ASEAN Para Games, Gibran Datangkan Sejumlah Artis

#ASEAN #ASEAN Para Games
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan