Berawal dari Barista, Ishak Tirta Jadi Juri Indonesia Coffee Master

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 22 November 2023
Berawal dari Barista, Ishak Tirta Jadi Juri Indonesia Coffee Master
Ishak Tirta jadi barista sejak tahun 2014. (Humas Bandung)

PARA pecinta dan pemerhati kopi, pasti sudah tak asing lagi dengan kompetisi terbesar perkopian, Indonesia Coffee Master. Kompetisi ini rutin digelar setiap tahun.

Acara ini merupakan ajang kompetisi bagi para pecinta kopi Indonesia untuk menguji keahlian dan kompetensi mengolah dan meracik kopi.

Baca Juga:

Warga Bali Kini Bisa Nikmati Sajian 'Coconut Americano'

kopi
Menguji keahlian dan kompetensi mengolah dan meracik kopi. (Pexels/Chevanon Photography)

Menjadi peracik kopi atau barista, kini menjadi profesi yang dapat menghidupi seseorang. Salah satunya Ishak Tirta, yang mengawali karir sebagai barista di salah satu kedai kopi di Kota Bandung. Profesi tersebut mulai ditekuninya pada tahun 2014.

“Pada awalnya memang saya dulu bukan penggemar kopi. Tapi semuanya dimulai di tahun 2014 saya jatuh cinta sama dunia perkopian, akhirnya menjadi peracik kopi. Walaupun pada awalnya memang karena dipaksa oleh beberapa teman-teman lah yang sudah masuk ke dunia industri kopi,” terang Ishak

“Di samping memiliki latar belakang pendidikan di ekonomi perpajakan, saya mengasah ilmu dan kemampuan pada dunia perkopian. Yaitu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan bersertifikat,” lnjutnya.

Seiring berjalannya waktu serta berbagai ilmu dan kemampuan yang dimiliki, Ishak mengikuti seleksi sebagai juri Kompetisi Kopi Tingkat Nasional yaitu Indonesia Coffee Master.

“Dulu pada tahun 2017 saya mengikuti seleksi untuk menjadi juri Indonesia Coffee Master, tapi di tahun itu saya belum beruntung. Pasca pandemi kompetisi ini diadakan lagi saya ikut seleksi lagi. Alhamdulillah di tahun 2023 ini saya mendapat kepercayaan menjadi juri Indonesia Coffee Master 2023,” ungkap Ishak

Baca Juga:

Kisah Mikael Jasin, Dari Tukang Cuci Piring Hingga Panggung Barista Dunia

kopi
Jika memiliki kemampuan lebih baik ikut kompetisi. (Pexels/Ketut Subiyanto)

Selain menjadi juri Indonesia Coffee Master, Ishak juga merupakan konsultan beberapa coffee shop di berbagai kota. Kini Ishak membuka pelatihan-pelatihan untuk para Barista di Kota Bandung.

“Di samping menjadi konsultan coffee shop, saat ini saya juga membuka training atau workshop gitu ya karena saya ingin membagikan ilmu dunia perkopian yang saya miliki. Untuk info atau jadwal workshop bisa dilihat di akun Instagram saya ishak_tirta,” ungkapnya.

Ishak memberi pesan untuk seluruh pecinta kopi khususnya di Kota Bandung. Jika sudah memiliki kemampuan mengenai perkopian yang mumpuni, maka alangkah baiknya berani untuk mengikuti kompetisi dan menjadi juri di tingkat yang lebih tinggi.

“Jangan mau tertinggal dengan yang lain, Yakini dirimu bisa mengharumkan nama bangsa,” ujar Ishak. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Studi: Kopi Sumber Kafein Paling Efektif untuk Tingkatkan Produktivitas

#Kopi #Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan