Merawat Ingat

Berawal dari AADC, Selamat Ultah 'Ratu Soundtrack Indonesia'

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 07 Januari 2022
Berawal dari AADC, Selamat Ultah 'Ratu Soundtrack Indonesia'
Karya Melly Goeslaw dan suaminya, Anto Hoed untuk soundtrack Ada Apa Dengan Cinta diganjar Piala Citra. (Instagram/@melly_goeslaw)

KOTA BANDUNG, 48 tahun lalu menjadi saksi lahirnya seorang diva sekaligus komposer musik yang dijuluki sebagai ratu Ratu Soundtrack Indonesia. Perempuan bernama lengkap Melly Cessy Goeslaw itu lahir 7 Januari 1974 dari pasangan Ersi Sukaesih dan Melky Goeslaw. Ayahnya terkenal sebagai musisi jazz ternama Indonesia, wajar bakat musik mengalir kental di darah Melly hingga sukses mencatatkan diri sebagai salah satu musisi besar di tanah air.

Baca Juga:

5 Soundtrack Film Negeri Aing Paling Memorable

Melly mengawali karier musik profesional lewat album solo debut 'Pilihanku Deritaku' rilis 1988. Tampil dengan nama panggung Melliana Cessy, album pertama itu kurang meraih sukses di pasaran. Lama menghilang, Melly kembali hampir tujuh tahun kemudian sebagai vokalis grup band Potret, bersama Anto Hoed (akhirnya menjadi suaminya) dan drumer Ari Ayunir. Band pengusung aliran pop kreatif itu sukses mengguncang musik Indonesia lewat album Potret (1995) dan Potret II (1997). Sukses dua seri album pertama itu membawa Melly kepada pencapaian terbesar kariernya. Mira Lesmana yang tengah menggarap proyek film kisah cinta remaja, memercayakan Melly dan suaminya untuk soundtrack film yang bakal dirilis 2002. Keduanya sempat ragu karena belum pernah terlibat penyusunan lagu untuk film, tetapi Mira percaya karakter suara Melly dan gaya musik Potret cocok untuk filmnya.

OST
OST AADC1 garapan Melly Goeslaw. (Spotify)

Benar saja, ketika Ada Apa Dengan Cinta (AADC) yang dibintangi Dian Sastro dan Nicholas Saputra tayang, film dan soundtrack-nya dengan judul yang sama meledak. Soundtrack AADC terdiri dari 10 lagu ciptaan Melly dan suami, yang semua dinyanyikannya sendiri itu menyabet penghargaan Penata Musik terbaik Festival Film Indonesia 2004. Pada 2003, Melly kembali menggarap Soundtrack Eiffel I'm in Love, yang lagi-lagi diganjar penghargaan Festival Film Indonesia 2005. Lalu, Melly berturut-turut terlibat penyusunan lagu film The Butterfly (2007), Ayat-ayat Cinta (2009), Ketika Cinta Bertasbih (2009), dan lainnya, hingga akhirnya mendapat julukan Ratu Soundtrack Indonesia. Bahkan, Melly kembali dipercaya membuat lagu-lagu untuk film AADC 2 (2016), untuk menuntaskan kenangan dan ingatan ribuan purnama, selama Cinta menunggu Rangga kembali ke Tanah Air. (Aru)

Baca Juga:

Cerita Cinta Bahagia dan Duka Para Pemeran 'Ada Apa Dengan Cinta'

#Merawat Ingat
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan