Berat Badan Naik Pascalibur Tahun Baru? Tak Perlu Panik, ini Kiatnya Liburan tahun baru sering dikaitkan dengan naiknya berat badan (Pixabay/TeroVesalainen)

SETIAP liburan, tidak hanya saat periode perpindahan tahun, kita kerap dihadapkan pada berbagai makanan yang menggugah selera makan. Sedikit dari kita yang bisa menolak untuk melahap berbagai hidangan tersebut. Terlebih dalam periode liburan akhir tahun, dimana ada Natal dan perayaan pergantian tahun. Saat itu, makanan-makanan lezat seakan tiada habisnya dihidangkan. Tidak sedikit orang mendapatkan ekstra berat badan setelah melewati periode libur tahun baru.

Tapi kamu tak perlu panik apalagi stress memikirkan kenaikan berat badan tersebut.

Nah, inilah yang dikatakan sains tentang fenomena naiknya berat badan setelah periode libur tahun baru: Menurut data internasional yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, kenaikan berat badan di sekitar hari libur hanyalah total sekitar 0,7% dari berat teringan sepanjang tahun.

Untuk orang dengan berat 68 kilogram, itu sama dengan 0,5 kilogram tambahan. Sebuah ulasan baru-baru ini dari beberapa studi yang dipublikasikan tentang kenaikan berat badan terkait liburan di Journal of Obesity menemukan bahwa kenaikan berat badan liburan rata-rata adalah 0,2 hingga hampir 1 kilogram. Dan di antara mereka yang sedikit lebih sadar akan pola makan, atau yang biasa kita katakan 'self monitoring, kenaikan berat badan sering tidak signifikan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang memang sudah kelebihan berat badan kemungkinan besar akan mengalami kenaikan berat badan liburan yang lebih signifikan dan berjuang lebih banyak untuk mengurangi tambahan berat tersebut pada bulan Januari.

Dalam sebuah studi terhadap mahasiswa yang diterbitkan di Nutrition Journal, siswa yang kelebihan berat badan menambah hampir 1 kilogram selama libur akhir tahun mereka, sementara siswa dengan berat badan normal tidak mengalami perubahan berat badan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang kelebihan berat badan paling rentan terhadap kenaikan berat badan selama periode libur tahun baru, dan bahwa mereka mungkin ingin mengambil langkah-langkah untuk mencoba meminimalkan atau menghindari kenaikan berat badan pada hari-hari libur lain selain hari-hari libur tahun baru.

Bahkan jika kenaikan berat badan yang didapatkan setelah libur tahun baru hampir tidak seburuk yang kamu kira: itu adalah satu “hadiah” liburan.

Faktanya, dibutuhkan beberapa bulan untuk menghilangkannya hanya setengah dari berat yang diperoleh selama liburan tahun baru dan separuh lainnya. Untuk mengurangi berat tambahan yang kamu dapatkan selama liburan saat tahun baru tiba, kita bisa mengikuti tiga langkah ini:

1. Memulai Hari dengan Benar

sarapan sehat
Menu sarapan sehat (pixabay/ponce_photography)

Mengonsumsi protein dan serat dalam jumlah optimal di pagi hari bisa membantu mengurangi rasa lapar agar kita "tetap di jalur yang benar" sepanjang hari. Untuk hasil terbaik, cobalah untuk mendapatkan 20 hingga 30 gram protein berkualitas tinggi dan setidaknya 6 gram serat dalam sarapan 400 kalori.

Cobalah beberapa telur orak-arik dengan sayuran kaya serat dan roti dari gandum utuh; secangkir yogurt Yunani dengan buah segar atau beku dan taburan granola; atau pancake protein dengan yogurt Yunani polos dan sedikit madu.

2. Perbanyak Waktu Tidur

tidur sehat
Tidur 7-9 jam per malam (Pixabay/C_scott)

Ini bukan mimpi, penelitan menunjukkan bahwa tidur lebih banyak membantu mengendalikan rasa lapar dan meningkatkan tekad kita untuk membantu mengurangi berat badan setelah pesta liburan tahun baru berakhir.

Salah satu studi baru-baru ini menemukan bahwa ketika partisipan meningkatkan jumlah waktu tidur, mereka makan hampir 170 kalori lebih sedikit pada hari berikutnya dibandingkan ketika waktu tidur kurang.

Sementara setiap orang memiliki jam tidur optimal pribadi, kebanyakan orang dewasa memerlukan tujuh hingga sembilan jam per malam.

3. Catat dan Lacak Kembali Pola Makan

Catat asupan makanan
Catat asupan makanan (Pixabay/Nietjuh)

Tidak ada cara yang lebih baik untuk melacak apa saja yang kita makan selain dengan mencatat semua apa yang kita makan, kini sudah banyak apliskasi smartphone yang memiliki fitur untuk melakukannya, atau mencatatnya dengan cara klasik pada jurnal kecil atau buku.

Dengan mencatat apa yang kita makan setiap hari bisa membantu kita untuk menjadi lebih sadar akan apa yang kita makan.

Catatan tersebut makanan juga dapat membantu mencegah kita dari pilihan makanan yang kurang bergizi atau porsi berlebihan karena kita ingat bahwa kita harus menuliskannya dalam catatan tersebut, itu mungkin efektif untuk mengurangi asupan kalori harian kita. pada gilirannya, kenaikan berat badan saat libur tahun baru dapat kita kontrol. (ADP)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya