Beras Porang, Shirataki Asli Indonesia nan Kaya Manfaat

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 17 Juli 2022
Beras Porang, Shirataki Asli Indonesia nan Kaya Manfaat
Rendah kalori dan bikin kenyang. (Foto: Unsplash/Pille R. Priske)

BUAT kamu yang sedang diet atau defisit kalori, beras porang bisa menjadi salah satu pengganti beras pada umumnya. Beras porang diketahui rendah kalori dan mengandung serat yang tinggi, sehingga kerap dikonsumsi untuk mendukung program penurunan berat badan.

Umbi porang merupakan umbi asli Indonesia dan masih satu kerabat dengan konjac, umbi yang kerap diolah menjadi shirataki. Di Indonesia, budidaya porang digalakkan untuk mencukupi kebutuhan ekspor dan menunjang ketahanan pangan masyarakat.

Umbi porang bisa diolah menjadi bahan makanan pokok seperti tepung atau beras. Beras porang tergolong rendah kalori dan mengandung glukomanan atau sumber serat alami yang diketahui dapat membantu menurunkan berat badan hingga mengendalikan diabetes.

Selain mengandung glukomanan, beras porang juga merupakan salah satu sumber oligosakarida yang mampu bertindak sebagai prebiotik. Hal ini menjadikan beras porang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Baca juga:

Pulau Beras Basah, Surga dari Kota Bontang

Beras Porang, Shirataki Asli Indonesia
Cocok buat kamu yang sedang defisit kalori. (Foto: Unsplash/Farhad Ibrahimzade)


Oligosakarida dalam beras porang berperan sebagai prebiotik yang menyediakan makanan untuk bakteri baik, sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam usus. Selain itu kandungan glukomanan dalam beras porang juga dipercaya mampu mengatasi sembelit pada orang dewasa.

Seperti yang sudah disebutkan, beras porang juga dapat menurunkan berat badan. Tidak hanya rendah kalori, beras porang juga dapat membantumu merasa kenyang lebih lama karena kandungan glukomanan di dalamnya.

Mengutip laman Alodokter, penelitian bahkan mengungkapkan manfaat glukomanan dalam mengurangi asupan kalori dan karbohidrat secara signifikan. Dengan demikian, kamu dapat mencapai defisit kalori yang diharapkan untuk menurunkan berat badan.

Baca juga:

Unik Banget, Budaya Ngopi Suku Sasak dengan Campuran Beras dan Kelapa

Beras Porang, Shirataki Asli Indonesia
Beras porang juga dapat menurunkan berat badan. (Foto: Unsplash/Faris Mohammed)


Glukomanan dalam beras porang juga merupakan sumber serat larut yang dapat memperlambat penyerapan kolesterol dan gula dalam darah. Oleh karena itu, beras ini baik untuk dikonsumsi oleh pasien kolesterol tinggi dan diabetes. Saat gula diserap lebih lambat oleh tubuh, peningkatan gula dalam darah bisa dicegah dan resistensi insulin bisa ditekan.

Selain berperan sebagai prebiotik, oligosakarida dalam beras porang juga mampu memperkuat sistem kekebataln tubuh, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Selain beberapa manfaat di atas, beras porang juga dapat menjaga kesehatan kulit, mengurangi faktor riisko terkena penyait hantung, hingga menurunkan tekanan darah tinggi. (and)

Baca juga:

Beragam Jenis Beras dari Seluruh Dunia

#Makanan Diet #Diet #Makanan Sehat #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan