Berapa Lama Produk Kosmetik Bisa Bertahan Sebelum Kedaluwarsa? Kosmetik juga bisa kedaluwarsa lo (foto: pixabay-sjajolika)

SETIAP perempuan pasti memiliki alat kosmetik favoritnya masing-masing. Namun apakah kamu tahu ternyata produk makeup kamu juga punya masa kedaluwarsanya lo.

Lantas bagaimana cara untuk mengetahui kalau produk kosmetikmu sudah kedaluwarsa jika tidak ada tanggal yang tertera di produknya? Sebenarnya berapa lama ya produk kosmetik bisa bertahan?

1. Lipstik (dua tahun)

Berapa Lama Produk Kosmetik Bisa Bertahan Sebelum Kedaluwarsa?
Lipstik hanya bisa digunakan maksimal dua tahun (foto: pixabay/MacMonkey)


Siapa sih perempuan yang enggak punya lipstik? Sepertinya semua perempuan pasti punya deh. Nah tapi diingat ya kalau masa pakai lipstik maksimal dua tahun saja. Itu pun kalau kamu menggunakan dan menyimpannya dengan benar.

Jadi setelah dua tahun, kalau lipstik tersebut sudah terasa kering, bibir kamu terasa perih, dan kalau tekstur atau aromanya berubah, lebih baik segera hentikan pemakaian. Mendingan beli baru saja deh.

2. Foundation (satu-dua tahun)

Berapa Lama Produk Kosmetik Bisa Bertahan Sebelum Kedaluwarsa?
Foundation bisa bertahan tergantung bahan dasarnya (foto: goodhousekeeping.co.za)


Produk kecantikan yang satu ini harus dimiliki oleh semua perempuan. Foundation akan membuatmu kulitmu jadi terlihat lebih flawless.

Namun foundation punya bahan dasar yang berbeda-beda. Kalau yang berbahan air cuma bisa bertahan selama setahun.

Sementara foundation berbahan minyak bisa bertahan sampai dua tahun. Kalau kamu merasa foundation kamu tekstur dan warnanya berubah, itulah saatnya kamu membuangnya.

3. Blush dan Eyeshadow (dua tahun)

Berapa Lama Produk Kosmetik Bisa Bertahan Sebelum Kedaluwarsa?
Blush dan eyeshadow bisa bertahan dua tahun (foto: pixabay/kinkate)


Tanda eyeshadow dan blush yang telah kedaluwarsa adalah adanya perubahan warna dan tekstur menjadi lebih gelap dan samar.

Sama seperti lipstik, kedua kosmetik ini bisa bertahan selama dua tahun. Supaya tetap awet, perhatikan cara penyimpanan dan penggunaannya ya.

Pastikan gunakan kuas dalam keadaan kering dan bersih sebelum menggunakannya pada wajah.

4. Maskara (tiga-enam bulan)

Berapa Lama Produk Kosmetik Bisa Bertahan Sebelum Kedaluwarsa?
Ternyata hanya bisa dipakai sampai enam bulan sejak dibuka (foto: pixabay/Bru-nO)


Saat ini orang berlomba-lomba untuk mempunyai bulu mata yang tebal. Kalau pasang bulu mata terlalu mahal, maka pilihanmu adalah penggunaan maskara.

Tapi jangan salah, formula di dalam maskara hanya bisa bertahan enam bulan setelah kamu buka untuk pertama kalinya. Kalau digunakan lebih dari itu, maskara akan menggumpal dan tidak akan nyaman digunakan.

Terlebih lagi, memakai maskara yang sudah kedaluwarsa bisa menjadi sarang bakteri dan memicu infeksi pada mata. Jadi mulai sekarang perhatikan pemakain maskara ya, agar tidak lewat dari waktu aman untuk penggunaannya. (sam)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH