Inspirasi
Berani Membangun Kopi Tuku dengan Tujuan Mulia ala Andanu Prasetyo Andanu Prasetyo membangun bisnis dengan tujuan mulia.(Foto: Instagram/@andanuprasetyo)

HANYA berjarak 10 langkah dari rumahnya saat itu. Andanu Prasetyo memberanikan diri membuka Toko Kopi kecil, di daerah Cipete, Jakarta Selatan. Ini menjadi bisnis pertamanya.

Dibalik kesuksesan Toko Kopi Tuku, Andanu membangun bisnis tersebut dengan tujuan mulia, yakni untuk meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia. Ia juga ingin memberdayakan para petani kopi di indonesia.

Baca juga:

Talita Setyadi, The Queen of Pastry Indonesia, Menghempas Kemustahilan

"Aku tidak ingin Kopi seperti batik. Kita bangga, kita tidak suka batik ditiru, tapi terkadang, kita pakai setiap hari aja jarang. Aku pengen kalau kita senang kopi, itu harus bisa dikonsumsi setiap hari dan memberikan dampak bagi para petani kopi di Indonesia," Ungkap Andanu dalam acara Buka Talks yang diunggah channel YouTube Bukalapak, 26 April 2019.

Misi utamanya meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia. (Foto: Instagram/@tokokopituku)

Dalam konten berjudul Andanu Prasetyo – Mencipta Rasa Kopi Kekinian | Buka Talks itu, pria yang akrab disapa Tyo ini menceritakan awal terciptanya tujuan tersebut karena Indonesia adalah negara produsen kopi tertinggi keempat di dunia. Menurutnya, hal ini masih terasa kurang jika tidak diikuti oleh tingkat konsumsi kopi yang tinggi di Indonesia.

Awal mula Tyo membangun Toko Kopinya, ia berfokus menjual biji kopi, bubuk kopi, alat kopi, dan minuman kopi. Karena misi utamanya meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia, ia tak ingin toko kopinya dianggap sebagai Coffee Shop.

Ia juga mengesampingkan emotional value dan berusaha mengembalikan kopi menjadi minuman yang fungsional. Tyo berfokus untuk menjual produk yang enak dengan harga terjangkau.

"Aku tidak akan mengotak-ngotakan, yang salah kopi ini, kopi ‘A’ atau ‘B’ yang salah, kopi instan lebih baik atau tidak, kopi chain luar negeri lebih baik atau tidak, aku membuang itu semua dulu. Aku cuma ingin mengenalkan lebih banyak lagi dan mengajak orang mengonsumsi lebih tinggi lagi,” urainya panjang lebar.

Tyo senang hidup bertetangga. Ia memulai misinya dengan mencari karakter kopi yang disukai para tetangga disekitar toko kopinya. Hal ini bertujuan untuk menemukan sebuah format minuman kopi baru yang bisa membuat orang senang mengonsumsi kopi.

Baca juga:

Berawal dari Jualan di Garasi, Jason Lamuda Sukses Bangun Berrybenka

Tyomemulai misinya dengan mencari karakter kopi yang disukai oleh para tetangga disekitar toko kopinya. (Foto: Instagram/@tokokopituku)

Dia dibantu oleh dua orang pegawainya, Budi dan Citra. Akhirnya ia bisa menemukan karakter kopi yang disukai oleh warga di sekitar toko kopi tersebut lewat diskusi dengan Budi dan Citra.

"Aku menemukan citarasa seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Obrolan-obrolan seperti konsumen ingin harga berapa, intinya dari situ aku bisa mengerti, seperti apa kopi kesenangan warga sekitar di Tuku,” kata Tyo.

Karena ukuran tokonya yang tidak terlalu besar, pada awalnya Tyo tidak terlalu sering menggunakan media sosial untuk mempublikasikan tokonya. Ia berfokus untuk mencari cara agar para tetangganya mau untuk berjalan kaki ke Toko Kopi Tuku. "Mendingan aku fokus sama yang di sekitar tetangga-tetanggaku aja," ujarnya.

Dalam tayangan tersebut, Tyo juga menceritakan pada 2018 ia bisa menghabiskan hingga 72 ton biji kopi per tahun, dari yang awalnya hanya 20 kilogram per bulan. Toko kopi Tuku kini memiliki beberapa gerai cabang yang tersebar di Jabodetabek.

Pada 2017, Presiden Joko Widodo bersama keluarganya, mengunjungi Toko Kopi Tuku yang berada di Cipete, Jakarta Selatan. Semenjak kedatangan orang nomor satu Indonesia itu, Toko Kopi Tuku yang kala itu sudah cukup terkenal, semakin ramai dikunjungi oleh pembeli. (kna)

Baca juga:

Gupta Sitorus, Pengalaman 20 Tahun Lahirkan Berbagai Bisnis

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ingin Kamar Tidur Estetik nan Minimalis? Dekor dengan 3 Ide Ini
Fun
Single ‘Roaches In My Ashtray’ Penanda Album Terbaru Snoop Dogg
ShowBiz
Single ‘Roaches In My Ashtray’ Penanda Album Terbaru Snoop Dogg

pelantun lagu Drop It Like It’s Hot ini juga mengumumkan album terbarunya yang bertajuk From Tha Streets 2 Tha Suites.

Sony Targetkan Produksi 6 Juta Unit PlayStation 5 Sebelum Rilis
Fun
Sony Targetkan Produksi 6 Juta Unit PlayStation 5 Sebelum Rilis

Bahkan rencananya PlayStation 5 akan diproduksi hingga lebih dari 10 juta unit.

Selama Terkena COVID-19 Ellen DeGeneres Keluhkan Sakit punggung
ShowBiz
Selama Terkena COVID-19 Ellen DeGeneres Keluhkan Sakit punggung

Ia memberi tahu penggemar dan pengikutnya bahwa dia merasa "sangat baik".

Magnesence Bicara Kebenaran yang Tidak Rasional
ShowBiz
Magnesence Bicara Kebenaran yang Tidak Rasional

kebenaran karena telah terbawa perasaan dan tidak lagi rasional

Anak Tongkrongan Pasti Susah Menahan Ini Pas Puasa
Fun
Anak Tongkrongan Pasti Susah Menahan Ini Pas Puasa

Udah kebiasaan jadi sulit untuk tidak dilakukan.

India Minta Facebook dan Twitter Hapus Unggahan Kritik COVID-19
Fun
India Minta Facebook dan Twitter Hapus Unggahan Kritik COVID-19

India meminta sejumlah media sosial seeperti Facebook dan Twitter, untuk menghapus seluruh unggahan yang mengkritik tentang pemerintah, khususnya soal penanggulangan pandemi COVID-19

Britney Spears Akui Tetap Bahagia di Tengah Kampanye #FreeBritney
ShowBiz
Britney Spears Akui Tetap Bahagia di Tengah Kampanye #FreeBritney

Merasa bahagia karena punya keluarga dan rumah yang indah.

Rok untuk Pria Jadi Tren Baru di Masa Pandemi
Fashion
Rok untuk Pria Jadi Tren Baru di Masa Pandemi

Beberapa artis pria tampil keren mengenakan rok.

Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan meski Vaksin sudah Tersedia
Hiburan & Gaya Hidup
Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan meski Vaksin sudah Tersedia

Kominfo Ingatkan Masyarakat untul Tetap Disiplin Protokol Kesehatan, meski vaksin sudah ada