Berangkat dari Hobi, Fadli Zon Diangkat Jadi Ketua Umum Pengurus Filatelis Indonesia

Rina GarminaRina Garmina - Rabu, 09 Agustus 2017
Berangkat dari Hobi, Fadli Zon Diangkat Jadi Ketua Umum Pengurus Filatelis Indonesia
Fadli Zon. (Foto: Instagram/fadlizon)

KECIL, namun bernilai sejarah tinggi. Itulah prangko. Terbuat dari kertas. Dahulu, sebelum e-mail hadir, prangko memiliki peran penting di dunia korespondensi.

Benda ini menjadi tanda bagi bea pengiriman pos. Lebih dari itu, dari sebuah prangko, Anda juga bisa mempelajari sejarah. Sebab, rancangan prangko seringkali disesuaikan dengan momentum yang terjadi. Di tahun ini, misalnya, Kebun Raya Bogor meluncurkan prangko seri Anggrek 34 provinsi untuk menyambut dua abad hari jadi mereka.

Kemudian ada pula prangko bertema presiden-presiden Republik Indonesia dan Kota Tua Jakarta. Prangko juga telah membuat kolektornya jatuh hati. Mereka rela merogoh uang dalam jumlah besar untuk mendapatkan prangko langka.

Prangko dari zaman Hindia-Belanda, pendudukan Jepang dan masa awal kemerdekaan Republik Indonesia bahkan menjadi buruan kolektor-kolektor prangko mancanegara. Semakin langka prangko, tentu saja semakin mahal harganya.

Ketua umum baru PFI

Di Indonesia, Fadli Zon merupakan salah seorang kolektor prangko yang tak hanya gemar berburu benda mungil tersebut. Ia juga kerap mengikuti lomba, pameran dan kongres filateli. Lantas, mengapa ia terlihat tergila-gila untuk mengoleksi prangko? Baginya, prangko merupakan bagian dari arsip sejarah bernilai tinggi serta terbukti telah menjadi jembatan diplomasi yang menghubungkan berbagai bangsa.

Mulai Agustus 2017 ini, ia juga didapuk menjadi ketua umum pengurus pusat Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) periode 2017-2022.

"Walaupun prangko sebagai secarik kertas kecil yang memiliki fungsi sebagai alat bayar dalam pengiriman pos, di balik itu prangko dapat menunjukkan kedaulatan suatu bangsa, mengabadikan hampir seluruh peristiwa nasional dan internasional," ungkap Fadli Zon.

Di mata pria yang juga menjabat sebagai wakil ketua DPR itu, prangko menampilkan pula keindahan alam Indonesia. Dari selembar prangko, masyarakat juga dapat mengenal tokoh dan pahlawan Indonesia serta menyatukan bangsa melalui organisasi filateli. Seperti dilansir ANTARA, sebelum menjabat sebagai ketua umum pengurus pusat PFI, Fadli merupakan anggota dewan pembina organisasi yang berdiri sejak 29 Maret 1922 itu. (*)

Sudah pernah lihat prangko berlogo kambing? Lihat fotonya pada artikel PT. Pos Indonesia Luncurkan Seri Perangko Berlogo Kambing.

#Prangko #Kolektor Prangko #Filateli #Fadli Zon #Wakil Ketua DPR
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan