Beragam Manfaat Olahraga Brisk Walking

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Rabu, 12 April 2023
Beragam Manfaat Olahraga Brisk Walking
Termasuk olahraga kardio untuk menurunkan berat badan. (Foto: Unsplash/Arek Adeoye)

BUAT kamu yang bingung mau olahraga apa, coba deh brisk walking atau berjalan kaki secara cepat, tetapi tidak secepat berlari. Jenis olahraga ini tergolong praktis karena hanya bermodal baju dan sepatu olahraga yang nyaman.

Dibandingkan dengan jalan santai, brisk walking atau jalan kaki cepat diketahui lebih menyehatkan. Selain bisa membakar kalori lebih banyak, brisk walking juga mampu meningkatkan stamina, memperkuat daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

Baca juga:

4 Olahraga Permainan ini Berasal dari Permainan Populer

Beragam Manfaat Olahraga Brisk Walking
Brisk walking dapat menjaga kesehatan mental. (Foto: Unsplash/Brian Mann)

Untuk mengetahui apakah kamu sudah melakukan jalan cepat atau belum, cobalah hitung berapa banyak jumlah langkah kaki pada setiap menitnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa kecepatan minimum dari jalan cepat adalah sekitar 100 langkah per menit untuk orang dewasa yang berusia di bawah 60 tahun. Jika dihitung, jarak tempuh yang bisa dilalui diperkirakan mencapai 4,8 km per jam.

Mengutip laman Alodokter, berikut beragam manfaat olahraga brisk walking.

1. Menurunkan berat badan

Meski tergolong olahraga ringan, brisk walking ternyata ampuh untuk menurunkan berat badan loh. Sebab, olahraga ini bisa membakar kalori dengan baik sehingga turut berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Untuk memaksimalkan penurunan berat badan, kamu harus mengimbangi olahraga ini dengan diet sehat atau membatasi asupan kalori yang dikonsumsi setiap harinya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Olahraga brisk walking termasuk ke dalam olahraga kardio. Jika dilakukan secara rutin, olaraga ini dapat menjaga jantung tetap sehat. Manfaat ini didapat karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Namun, berolahraga secara rutin, seperti brisk walking saja tentu tidak cukup. Untuk memiliki jantung yang sehat, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat, berhenti merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol, menjaga berat badan tetap ideal, serta mengatasi stres dengan baik.

Baca Juga:

Tak Harus Gawai, 5 Permainan Lawas Ini Juga Seru Dimainkan Kembali

Beragam Manfaat Olahraga Brisk Walking
Cukup dengan menggunakan pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman. (Foto: Unsplash/Sincerely Media)

3. Memelihara kesehatan mental

Brisk walking yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi stres dan meredakan gejala depresi. Pasalnya, olahraga ini dapat meningkatkan aliran darah, sirkulasi darah ke otak dan tubuh, serta menenangkan saraf di otak, sehingga membuat suasana hati menjadi lebih baik.

4. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa membahayakan kesehatan karena dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, jaga tekanan darah agar tetap berada pada kisaran normal dengan cara berolahraga secara rutin, salah satunya dengan brisk walking. (and)

Baca juga:

Warna Juga Menentukan Kenyamanan Pakaian Olahraga

#Kesehatan #Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan