Beragam Manfaat Kesehatan dengan Konsumsi Blewah Buah blewah selalu hadir pada Ramadan. (Foto: puriegarden)

SAAT bulan Ramadan tiba, salah satu buah yang wajib hadir menemani berbuka puasa adalah blewah. Pedagang buah blewah pun bermunculan. Entah dari mana buah ini langsung menjamur di setiap pasar tradisional maupun pedagang buah. Termasuk di pusat berbelanjaan modern.

Buah ini sangat segar dan rasa manisnya bikin energi kamu terisi kembali. Wajar siapapun tentunya pasti ketagihan. Olahan blewah untuk berbuka pun beraneka macam. Bisa disatukan dengan es buah maupun es blewah sendiri.

Di samping rasanya yang menyegarkan dan nikmat, es blewah juga memiliki ragam manfaat kesehatan. Berikut manfaat blewah berdasarkan laman Go-Dok.


1. Mencegah Penyakit Jantung


Blewah memiliki manfaat penting untuk kesehatan jantung. Kandungan vitamin C dan senyawa betakaroten yang tinggi pada blewah memiliki fungsi untuk mencegah timbulnya penyakit. Bahkan blewah baik untuk hal-hal yang berkaitan dengan fungsi dan kerja jantung. Jadi selagi kamu masih sehat, banyak-banyak mengonsumsi blewah ya.


2. Menurunkan Kadar Kolestrol


Kadar kolestrol juga dapat teratasi dengan mengonsumsi buah blewah. Terdapat kandungan vitamin C yang efektif bisa menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Ditambah lagi vitamin C dapat menguatkan dinding kapiler dan bisa mencegah pembekuan darah.

es blewah
Es blewah yang menyegarkan. (Foto: wikipedia)


3. Memelihara Kesehatan Kulit


Kulit pun akan terjaga dengan rutin mengonsumsi blewah. Sebab blewah mengandung banyak vitamin yang dapat membuat kulit terawat dan sehat. Kulit akan menjadi terlihat cerah, terhindar dari flek hitam, dan kerutan halus akibat penuaan. Salah satu kandungan yang bermanfaat untuk kulit adalah vitamin C.


4. Melancarkan Pencernaan


Selain mengandung serat, senyawa yang terkandung dalam blewah dapat berfungsi untuk memecah partikel karbohidrat yang sulit dicerna. Dengan pecahnya partikel karbohidrat asupan makanan kamu akan mudah dicerna dan sistem pencernaan kamu akan lancar. Dengan lancarnya pencernaan, kamu dapat terhindar dari penyakit Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya.

blewah
Blewah bermanfaat untuk menurunkan berat badan. (Foto: wikipedia)


5. Mengobati Insomnia


Waktu sudah larut, namun kamu masih terjaga. Tandanya kamu susah tidur alias mengalami insomnia. Yang ada besok pagi kamu malah tidak bugar. Enggak perlu khawatir, kamu bisa atasi masalah insomnia dengan mengonsumsi blewah. Kamu akan merasakan efek tenang setelah mengonsumsi buah ini. Selain itu kandungan sedatif dalam blewah juga dapat membuat kamu lebih mudah mengantuk dan terlelap.


6. Menurunkan berat Badan


Tubuh kamu sehat dengan mengonsumsi blewah dan tidak tertutup kemungkinan kamu akan memiliki berat badan ideal. Kalori dalam buah blewah tergolong rendah. Sehingga blewah sangatlah cocok dijadikan camilan dalam pola diet kamu. Tubuh kamu pun ideal dan sehat. Lebih bagus lagi kalau kamu mengonsumsi blewah tanpa ada tambahan gula seperti misalnya pada es buah.


7. Meningkatkan Kesehatan Mata


Umumnya yang orang tahu untuk menjaga kesehatan mata dengan cara mengonsumsi wortel. Sebab ada kandungan vitamin A yang baik untuk mata pada wortel. Begitu pula dengan blewah yang mengandung vitamin A tinggi. Selain mempertahankan kualitas penglihatan kamu, tingginya vitamin A pada blewah dapat meningkatkan kesehatan mata yang mengalami kemunduran. Jadi kamu wajib rutin ya mengonsumsi blewah demi mata kamu. Karena melalui mata kamu lah, seluruh dunia ini bisa kamu lihat.


8. Mencegah Kanker


Hampir setiap buah dapat mencegah kanker. Blewah juga memiliki kandungan yang bisa mencegah kanker. Terdapat kandungan betakaroten, asam folat dan vitamin C. Adanya kombinasi kandungan tersebut dapat mencegah pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker. Karena itu cegah kanker sejak dini dengan rutin mengonsumsi blewah.

Sahabat Merah Putih, itulah beberapa manfaat buah blewah. Mulai sekarang kamu harus rajin mengonsumsi buah demi menjaga kesehatan tubuh. Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi buah blewah. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH