Image
Author by : Ilustrasi Buah Alpukat (Pinterest)

Alpukat merupakan salah satu buah yang terbilang sangat umum dikonsumsi banyak orang. Buah yang terbilang cukup unik karena kebanyakan buah biasanya sebagian besar terdiri dari karbohidrat, sedangkan alpukat justru malah lebih banyak kandungan lemaknya.

Tapi anda tidak perlu takut dan kahwatir untuk mengkonsumsi buah berwarna hijau ini. Karena lemak yang terdapat di dalam alpukat merupakan lemak yang tergolong lemak sehat.

Setengah alpukat mengandung 3,4 gram serat, termasuk serat larut dan serat tidak larut, yang keduanya dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem pencernaan agar berjalan lancar. Serat larut akan memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh anda, sehingga akan membantu anda merasa kenyang lebih lama.

Image
Author by : Ilustrasi Semangka (pixabay.com )

Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air. Buah ini sangat cocok di konsumsi di saat udara terasa sangat panas atau di siang hari. Karena di dalam daging buah semangka yang berwarna merah tersebut terdapat hampir 90 persen kandungan air.

Buah semangka sangat mudah didapatkan di pasar modern atau tradisional. Selain berguna untuk menghilangkan dahaga. Buah semangka juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Semangka bisa menjadi Antioksidan karena kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Karotenoid lycopene dalam semangka sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas. Pilih semangka yang benar-benar matang, karena lebih banyak mengandung senyawa flavonoid

Image
Author by : Ilustrasi buah pisang (Pinterest)

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak digemari oleh masyarakat dan sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Selain rasanya yang manis, tekstur daging buah pisang juga lembut, terlebih lagi ternyata buah pisang memiliki banyak manfaat sehat yang baik untuk tubuh kita.

Pisang baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil, tekstur dagingnya yang lembut aman dan baik jika dikonsumsi ibu hamil. Untuk dapat membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan karena pdi dalam buah pisang terdapat banyak kandunagn nutrisi seperti kalium dan asam folat.

Pisang juga bermanfaat untuk mengobati sakit maag, karena pisang memiliki zat penangkal asam dalam tubuh sehingga jika anda mengalami sakit maag, anda dapat mengkonsumsi buah pisang untuk meredakan sakit maag yang anda alami.

Image
Author by : Ilustrasi Buah Belimbing (Pinterest)

Buah belimbing adalah salah satu jenis buah yang memiliki khasiat dan manfaat yang sangat banyak. Manfaat buah belimbing ini bisa mencakup dalam hal kesehatan dan kecantikan.

Buah yang memiliki warna hijau dan kekuningan dan memiliki rasa yang sedikit kecut bercampur manis ternyata memiliki kandungan banyak zat, vitamin dan mineral serta cairan yang berfungsi dalam menjaga kesetabilan tubuh manusia.

Mengonsumsi belimbing dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Karena di dalam buah belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.

Image
Author by : Author by: Ilustrasi Buah Pir (Augustus Binu)

Buah pir merupakan buah yang banyak digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang manis, pir juga memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Buah pir sangat cocok dikonsumsi pada saat cuaca panas, kandungan serat dan air di dalamnya dapat menyegarkan anda selain itu buah pir juga mengandung zat antioksidan yang berguna untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.
Buah Pir dapat mencegah radikal bebas, karena buah pir mengandung vitamin C, vitamin K, dan nutrisi yang bertindak sebagai antioksidan, semuanya bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh kita akibat radikal bebas.
Buah Pir juga dapat mencegah kanker. Kandungan serat yang tinggi di dalam buah pir akan mengikat sel-sel karsinogenik dan membuangnya keluar dari tubuh serta dapat mencegah kanker usus besar. Satu buah pir setiap hari bisa menurunkan resiko kanker payudara hingga 34 % pada wanita setelah menopause.