Menu Es Berbuka Puasa Paling Populer Es pleret. (Instagram @nessiakesuma)

HARI ini awal bulan suci Ramadan. Umat Islam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh lamanya. Menahan diri tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga waktu berbuka saat terbenam matahari.

Selain kegiatan ibadah semakin bertambah, kesemarakan bulan puasa juga tak lepas dari banyak kuliner Ramadan. Kuliner Ramadan biasanya banyak dijajakan saat-saat jelang puasa di jalan-jalan.

Selain itu, di rumah-rumah kreasi makanan-minuman berbuka puasa semakin beragam. Terutama makanan-makanan tradisional, bulan puasa menjadi surganya.

Salah satu menu berbuka andalan yaitu es. Olahan minuman dingin sangat favorit sebagai pelepas dahaga selepas seharian berpuasa. Menu es tradisional khususnya, selalu jadi incaran pemburu menu berbuka di pinggiran-pinggiran jalan. Berikut merahputih.com sajikan 7 jenis es tradisional yang selalu dijadikan menu buka puasa;

1. Es Cendol

Es cendol. (Instagram/ maromakan)
Es cendol. (Instagram @maromakan)

Es Cendol merupakan minuman tradisional khas Sunda. Di Jawa cendol dikenal dengan sebutan es dawet. Berdasarkan asal-usulnya, diyakini nama cendol sendiri berasal dari kata "jendol" yang berarti butiran-butiran hijau es cendol.

Berbahan baku utama tepung beras yang sudah disaring menggunakan alat khusus, dicampur santan dan gula merah membuat butiran cendol berasa manis saat diteguk. Cendol akan lebih nikmat lagi saat diminum untuk berbuka puasa. Selain itu, ada juga es cendol yang dicampur dari bahan cincau.

2. Es Dawet

Es dawet. (Instagram/ nopnop84)
Es dawet. (Instagram @nopnop84)

Es dawet merupakan minuman yang mudah ditemui khususnya di Pulau Jawa. Es dengan rasa manis dan gurih ini merupakan minuman khas dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Di Jawa Barat minuman sejenis ini yaitu es cendol.

Pada bulan Ramadan es dawet selalu jadi primadona untuk menu berbuka puasa. Rasa dawet dipadu dengan gula merah cair dan santen mengobati rasa haus.

3. Es Teler

Es teler. (Instagram/ diditt_enjoy)
Es teler. (Instagram @diditt_enjoy)

Es teler disebut-sebut koktail buah Indonesia. Es teler sangat cocok untuk menu buka puasa sebagai pelepas dahaga. Es teleh merupakan campuran buah-buahan, seperti, nangka, alpukat, kelapa muda, cincau, kemudian disiram dengan santan kental, gula cair, dan susu kental manis.

4. Es Doger

Es doger. (Instagram/ pratama.tanto)
Es doger. (Instagram @pratama.tanto)

Es doger merupakan minuman khas dari Cirebon, Jawa Barat. Es doger berbahan dasar parutan kelapa, ditambah dengan tape, ketan hitam, kemudian disiram susu.

Es doger sangat cocok jagi menu berbuka puasa kamu. Es doger bisa dengan mudah ditemui di Bandung, atau di kota-kota besar lainnya yang dijajakan di jalan-jalan.

5. Es Pleret

Es pleret. (Instagram/ hobbykulinerr)
Es pleret. (Instagram @hobbykulinerr)

Es pleret merupakan minuman dingin khas dari Blitar, Jawa Timur. Es pleret sejenis dengan es dawet dengan campuran batu es atau es serut. Minuman ini sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa karena segar dan manis.

Dibanding dengan es sejenis, es pleret punya keunikan bahan yaitu bahan "pleret". Pleret merupakan bahan campuran berupa bola-bola. Pleret ini dibuat dari tepung dan berisi gula cair di dalamnya. Selain pleret, campuran lainnya yaitu dawet dan potongan serabi.

6. Es Degan

Es degan. (Instagram/ degan_rianda)
Es degan. (Instagram @degan_rianda)

Es degan sangat populer sebagai menu berbuka puasa. Es degan banyak dijajakan di jalan-jalan. Selain itu, mudah juga membuatnya di rumah. Degan dalam bahasa Jawa berarti kelapa muda.

Salah satu es degan yang terkenal yaitu rujak degan Jepara. Es degan ini berasal dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Es degan sangat cocok sebagai konsumsi selepas puasa. Ion dari kelapa muda bisa dengan mudah menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

7. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo. (Instagram/ gunaone_igun)
Es pisang ijo. (Instagram @gunaone_igun)

Es pisang ijo sangat cocok sebagai pelepas dahaga saat berbuka puasa. Pisang ijo dicampur es sangat segar dengan rasa manis air gula berwarna merah menyala.

Pisang ijo dibuat dari pisang yang dibalut adonan tepung berwana hijau. Selain itu, ada juga campuran bubur sumsum dan kacang yang membuat rasanya unik. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Memasuki Bulan Suci, Ini Jenis-jenis Kurma Favorit Ramadan

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH