Merawat Ingat

Benyamin Sueb, Legenda Betawi yang Tak Tergantikan

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Sabtu, 05 Maret 2022
Benyamin Sueb, Legenda Betawi yang Tak Tergantikan
Benyamin Sueb musisi Betawi yang tak tergantikan (Foto: Karnos Film)

BENYAMIN Sueb adalah nama yang terlintas di kepalamu saat menyebut 'Seniman Betawi'. Begitu ikonik lewat berbagai karyanya, pria kelahiran Kampung Utan Panjang, Kemayoran, 5 Maret 1939 itu mampu memperkenalkan Budaya Betawi secara luas. Benyamin pun kini diabadikan sebagai nama jalan utama di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat, kampung tempat dirinya lahir dan dibesarkan.

Baca juga:

Filosofi Tradisi Palang Pintu Betawi

Kisah legendaris Benyamin berawal pada 1943. Ketika usianya yang menginjak empat tahun, Ben kecil diajak tiga kakaknya, Moenadji, Ruslan, dan Saidi untuk membentuk grup musik. Kesulitan ekonomi membuat instrumen yang mereka gunakan begitu sederhana.

Rebab yang dipakai Moenadji terbuat dari kaleng bekas yang diberi senar kawat telepon. Gendang Ruslan terbuat dari tong bekas minyak. Sementara instrumen yang dipakai Saidi terbuat dari kaleng biskuit. Adapun instrumen yang dipakai Ben kecil adalah kaleng bekas bensin. Dengan peralatan sederhana itu, Ben dan kakak-kakaknya dikenal dengan nama Orkes Kaleng.

benyamin S
Benyamin S salah satu legenda Betawi (Foto: Istimewa)

Dalam buku Kompor Mleduk; Benyamin S terungkap ketika bersekolah di Sekolah Dasar Perguruan Taman Siswa, Jakarta Pusat Ben adalah murid paling aktif dan sangat nakal. Kendati sangat nakal, bakat seninya sudah kian terasah di sekolah tersebut. Tidak hanya aktif di dunia musik, pria yang akrab disapa Bang Ben tersebut juga aktor Betawi yang diperhitungkan. Sejumlah filmnya seperti Biang Kerok hingga Si Doel begitu ikonik. Sepanjang hidupnya, ia telah menghasilkan 75 album dan 53 judul film. (Avia)

Baca juga:

Asal Usul Nama Betawi

#Benyamin Sueb #Merawat Ingat #Suku Betawi #Putra Betawi #Tradisi Betawi
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan