Benyamin Sueb Jadi Google Doodle Hari Ini Benyamin Sueb masih menajdi daya tarik dunia hbiuran di Indonesia. (Foto: Infografis MP)

ADA yang istimewa hari ini, mesin pencari Google memberikan penghargaan pada seniman besar Betawi, Benyamin SUeb. Bang Ben demikian akrabnya, menjadi doodle pada halaman awal mesin pencari itu.

Munculnya Bang Ben pada doodle sejalan dengan peresmian Taman Benyamin Sueb tepat pada hari ini dua tahun yang lalu. Kemudian pada Jumat lalu (18/9) di Disney+ Hotstar ditayangkan Benyamin Biang Kerok 2.

Baca Juga:

Karier Benyamin Sueb di Dunia Musik

ben
Benyamin di google doodle. (Foto: Google)

Seniman Betawi ini adalah nama besar dalam dunia hiburan Indonesia bukan hanya di tanah kelahirannya saja. Film-filmnya sampai saat ini masih ditonton orang. Bahkan orang-orang yang sudah pernah menonton filmnya masih tertawa dengan akting konyolnya.

Benyamin Sueb wafat pada 5 September 1995 di usia 56 tahun, adalah seorang aktor, pelawak, sutradara dan penyanyi Indonesia. Benyamin Sueb telah menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 judul film dari awal karirnya hingga ia tutup usia.

Karier didunia hiburan dimulai dari kesuksesannya dalam dunia musik dengan grup Naga Mustika. Grup yang berdomisili di sekitar Cengkareng ini kemudian mengantarkan namanya menjadi salah satu penyanyi terkenal di Indonesia.

Baca Juga:

5 Film Meledak Benyamin S, bukan Melulu Komedi

ben
Kru film 'Benyamin: Biang Kerok'. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Kemudian kelompok ini merekrut aktris Ida Royani untuk berduet dengan Benyamin Sueb. Lagu mereka ternyata mendulang kesuksesan hingga menjadikan Benyamin Sueb dan Ida Royani menjadi penyanyi duet paling populer pada tahun 1970-an.

Beberapa lagunya yang sangat fenonemal dan masih sering terdengar hingga saat ini, seperti Kompor Meleduk, Ujan Gerimis , Abang Pulang dan Nangke Lande. Di sepanjang karirnya di dunia hiburan tanah air, dia pun kerap menyabet beberapa penghargaan bergengsi. Seperti salah satunya menjadi Pemeran Utama Terbaik di Festival Film Indonesia dalam perannya di Si Doel Anak Modern (1977).

Karena nama besarnya itu pula maka dua tahun yang lalu dibuat ulang film Benyamin: Biang Kerok. Dalam versi remake ini tokoh Benyamin akan kembali dalam balutan lebih modern. Dibintangi aktor tampan Reza Rahadian, film itu tampil lebih menyegarkan. Dia berperan sebagai Pengky, tokoh yang diperankan Benyamin dalam film tersebut. Reza beradu peran dengan aktris cantik Delia Husein yang berperan sebagai Aida. (psr)

Baca Juga:

Film Benyamin S. Wajib Tonton

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH