Bentuk Badan Promosi Pariwisata, Pemkab Kulon Progo Gencarkan 'Serangan' Siber

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 11 Januari 2022
Bentuk Badan Promosi Pariwisata, Pemkab Kulon Progo Gencarkan 'Serangan' Siber
Candi Borobudur. (Foto: MP/TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko)

MerahPutih.com - Meningkatkan promosi dan mendongkrak kunjungan wisata ke Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membentuk lembaga yang akan mengurus program tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito mengatakan, Pemkab, membentuk Badan Promosi Pariwisata (BPP). Pembentukan badan diharapkan dapat bersinergi dengan bandara International Yogyakarta dan pengelola Candi Borobudur untuk mendongkrak kunjungan wisata.

Baca Juga:

Penyebab Angka Kemiskinan di Kulon Progo Tinggi

"Target nya di pertengahan Januari ini Badan Promosi Pariwisata Kulon Progo akan dikukuhkan agar dapat segera bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan lebih kuat mengampu program yang akan dilaksanakan," kata Joko di Kulonprogo, Sabtu (08/01).

Joko melanjutkan, program-program promosi nantinya akan lebih fokus membidik destinasi wisata favorit seperti lokasi wisata di perbukitan menoreh, pantai selatan Kulon progo serta kawasan wisata Borobudur.

Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana mendorong BPP memperbanyak promosi wisata didunia maya seperti di sosial media dan website. Pasalnya promosi diera digital ini jauh lebih efektif dengan memanfaatkan dunia maya.

"Kami berharap informasi yang disebarkan kepada masyarakat mengandung nilai-nilai kebudayaan dan seni di wilayah Kulon Progo. Sehingga bisa memberi kontribusi dan mendongkrak perekonomian masyarakat," ucap Fajar.

Candi Borobudur. (Foto: Antara)
Candi Borobudur. (Foto: PT Taman Wisata Candi )

Realisasi pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2021, hanya mencapai Rp 3,3 miliar atau 86,8 persen dari target Rp 3,8 miliar. Sementara jumlah wisatawan hanya 577.732 orang.

Dari jumlah tersebut, kunjungan wisatawan selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dari 19-31 Desember 2021 sembanyak 51.907 pengunjung.

Jumlah kunjungan wisatawan tertinggi pada 26 Desember 2021 sebesar 11.542 wisatawan. Pantai Glagah masih menjadi favorit utama pengunjung dibandingkan 10 objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Kulonprogo. (Patricia Vicka / Yogyakarta)

Baca Juga:

Dukung PTM, Polisi Kulon Progo Gencarkan Vaksinasi Pelajar

#Tempat Wisata Kulon Progo #Wisata #Yogyakarta
Bagikan
Bagikan