Benny Panjaitan, Musik, dan Panbers Benny Panjaitan. (Foto: Twitter/Panbers)

PENDERITAAN Benny Panjaitan telah usai. Rasa sakit akibat stroke yang dideritanya kini tak lagi ia rasakan. Vokalis grup musik Panjaitan Bersaudara alias Panbers itu telah 'pergi' Selasa (24/10) pagi.

Banyak kenangan tentangnya. Suara khasnya, ratusan lagu ciptaannya, hingga usahanya memperjuangkan Panbers tetap eksis di belantika musik Tanah Air. Dua lagu lawas ciptaannya yang pernah ngehits di Indonesia ialah Terlambat Sudah dan Gereja Tua.

Ia adalah motor utama Panbers. Vokalis, penulis lagu sampai memegang rhytm guitar, dilakoninya. Lebih dari 700 lagu ia ciptakan. Hampir semua lagu yang dibawakan Panbers merupakan ciptaannya.

Di belantika musik Indonesia, ia dapat disejajarkan dengan Achmad Albar dari God Bless dan Rhoma Irama di Soneta Group. Lahir di pengungsian pada zaman perang, pria yang wafat di usia 70 tahun ini memiliki kemauan keras. Sejak usia lima hingga 15 tahun, ia pernah berlatih biola pada seorang Jerman.

Benny kecil memang terobsesi pada ayahnya yang gemar main biola. Bukan hanya biola, Benny juga dapat memainkan gitar dan keyboard. Tawaran rekaman pertama datang saat ia tengah menimba ilmu di perguruan tinggi. Sempat gundah lantaran sang ayah selalu memintanya menyelesaikan sekolah.

Meski begitu, ayahnya ternyata mengizinkannya rekaman. Namun, ada syaratnya. Ia harus hidup dari karyanya dan jangan sampai tidak lulus kuliah. Syarat dari ayahnya ia penuhi. Ia lulus kuliah dan Panbers tetap eksis hingga saat ini. Eksistensinya di dunia musik Tanah Air juga ia pertahankan. Salah satu caranya dengan rutin menciptakan lagu serta membuat variasi lagu dalam berbagai versi bahasa daerah.

Sebut saja lagu Gereja Tua yang dibuat dalam 15 variasi bahasa daerah. Prestasi juga ia toreh bersama Panbers. Grup musik yang dibentuk di Surabaya pada 1969 itu telah menerima berbagai anugerah dari penjualan album dan prestasi mereka. Lagu Terlambat Sudah, misalnya, menerima piala khusus dari Bank Tabungan Negara pada 1976.

Pria bersuara khas itu kini telah tiada. Namun, Anda dapat tetap mendengarkan lagu-lagu lawas karyanya. (*)

Baca pula artikel lain tentang Benny Panjaitan di sini: Vokalis Panbers, Benny Panjaitan, Meninggal Dunia di Usia 70.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH