Bendera Indonesia Terbalik, KOI Akan Layangkan Nota Protes ke NOC Malaysia Ketua Umum KOI Erick Thohir. (ANTARA/Hafidz Mubarak)

MerahPutih.com - Insiden pemasangan bendera Indonesia secara terbalik di buku panduan SEA Games XXIX Malaysia terus menuai protes. Komite Olahraga Indonesia (KOI) menyesalkan terjadinya kesalahan itu dengan menyebut pihak Malaysia telah melakukan keteledoran fatal.

“Sudah tentu saya menyampaikan penyesalan yang mendalam atas kesalahan fatal tersebut. Ini menunjukkan keteledoran dan ketidaktelitian. Meski persahabatan adalah warisan terbesar dalam olahraga, namun kesalahan dalam menampilkan atau menyajikan identitas negara lain, tetap tidak dibenarkan,” ujar Ketua Umum KOI Erick Thohir dalam siaran pers, Minggu (20/8) di Jakarta.

Kesalahan ini terdapat pada halaman 80 buku panduan SEA Games XXIX Malaysia pada bagian negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Anehnya, kesalahan hanya terjadi pada bendera Indonesia.

Kejadian tak mengenakan ini langsung ramai di media sosial. Tagar #shameonyoumalaysia menjadi trending topic. Warga net menyesalkan keteledoran Malaysia.

Erick Thohir berharap insiden ini tak merusak hubungan kedua negara. “Walaupun ini terjadi di dunia olahraga, jangan sampai ada hal-hal yang mengganggu hubungan antar negara karena hal-hal seperti ini,” katanya berharap.

Lebih lanjut, Erick Thohir mengatakan KOI akan melancarkan protes kepada National Olympic Committe (NOC) Malaysia atas insiden ini. Sebagaimana Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) selaku wakil pemerintah juga akan melakukan hal yang sama.

“Kami akan menyampaikan nota protes dan keberatan kepada Presiden NOC Malaysia Tunku Imran dan Sekjen Beng Cop Low tentang hal ini. Sekaligus minta buku tersebut ditarik dari peredaran serta diganti dengan pemuatan bendera Merah Putih yang benar,” ujar Erick Thohir.

Sebelumnya diberitakan, pemuatan bendera Indonesia pada buku panduan SEA Games XXIX Malaysia terbalik menjadi putih merah padahal seharusnya merah putih. Menpora Imam Nahrawi adalah salah satu orang yang menemukan permasalahan itu kali pertama.

“Pembukaan #SeaGames2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita… Merah Putih. Astaghfirullaah,” ujar Menpora Imam Nahrawi geram lewat akun Twitternya.

Anehnya, kesalahan cetak hanya terjadi pada bendera Indonesia. sementara bendera sepuluh negara lainnya terpasang benar.

Baca juga berita terkait pemuatan bendera Indonesia terbalik di: Bendera Indonesia Terbalik Di Buku SEA Games, Begini Reaksi Menteri Malaysia



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH