Bendera Indonesia Terbalik di Buku SEA Games, Netizen Ramai-ramai Kecam Malaysia

MerahPutih.com - Menpora Imam Nahrawi marah besar dengan kejadian salah cetak yang ada di buku panduan SEA Games saat pembukaannya digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/8). Bendera Indonesia Merah Putih, di dalam buku itu malah tercetak terbalik, Putih Merah.

“Pembukaan #SEAgames2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita....Merah Putih. Astaghfirullaah…,” tulis Imam dalam akun Instagramnya @Nahrawi_Imam, Sabtu (19/8) malam.

Tak pelak postingan imam itu menuai komentar netizen. Mereka yang berkomentar rata-rata mengecam penyelenggara Sea Games, yakni Malaysia. “Event macam apa ini? Kami bangsa Indonesia tidak terima bendera kebangsaan kami di rubah² pak.. Kami hanya minta ketegasan dari bpk presiden yg terhormat.bpk.@jokowi,” tulis pemilik akun @Tugabus.tp.

Mereka semakin hari semakin mengerjai kita aja, protes keras pak. Kalo perlu suruh melakukan permintaan maaf secara terbuka. Ini bendera negara, ini simbol kita, sebuah simbol yang harus dihormati, dibanggakan, sakrall. Ini suara rakyat indonesia pak. Jujur kecewa berat kita dengan panpel malaysia pak @nahrawi_imam,” ujar @Rosel_Marco

Bahkan ada yang meminta agar pemerintah segera mendesak Malaysia minta maaf. “Suruh mereka minta maaf pak.. Bendera negara adalah kehormatan bangsa kita.. Kita tidak ingin di lecehkan,” kata @Agussoeputra.

Seperti diberitakan sebelumnya, cetakan yang salah tersebut berada dalam halaman 80 buku yang dibagikan pada pejabat yang hadir pada pembukaan SEA Games 2017. "Saya kira ini sangat terledor. Ceroboh sekali. Saya kira hal ini yang mencerai kemegahan pembukaan SEA Games 2017 yang disaksikan jutaan orang," kata Imam menunjukkan cetakan bendera Indonesia tersebut seperti dikutip Antaranews.

Atas temuan tersebut, Imam mengaku segera melakukan koordinasi dengan lintas kementerian. Misalnya Menko PMK, Menkum HAM hingga perwakilan kepolisian yang kebetulah hadir dalam pembukaan kejuaraan dua tahunan paling bergengsi di Asia Tenggara itu.

Menurut Imam, hasil dari pertemuan tersebut, akan dijadikan modal untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada. Apalagi komplain baik secara lisan maupun secara resmi belum dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

"Protes jelas akan kami lakukan. Kami juga menunggu permintaan maaf secara langsung dari pemerintah Malaysia. Masak acara besar dan istimewa harus ternoda dengan ini," kata pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu. (*)

Baca juga berita sebelumnya terkait pemuatan bendera Merah Putih terbalik di: Parah, Bendera Indonesia Tercetak Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH